Nasional

2024, Ibu Kota RI Mulai Pindah ke Kalimantan

apahabar.com, JAKARTA – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) mengirim sinyal kuat rencana pemindahan ibu kota negara…

Featured-Image
Presiden Joko Widodo saat mengecek calon lokasi pemerintahan baru di Bukit Soeharto, Kaltim, awal Mei lalu. Foto-Istimewa

bakabar.com, JAKARTA – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) mengirim sinyal kuat rencana pemindahan ibu kota negara ke luar Pulau Jawa bakal segera dilakukan. Kalimantan digadang kuat sebagai ibu kota baru pengganti DKI Jakarta.

“2024 sudah ada proses pemindahan,” kata Menteri PPN/Kepala Bappenas, dikutip dari Detik.com, Selasa.

Pemindahan menyusul wacana lokasi ibu kota baru ditetapkan. Namun, masih dibutuhkan waktu perencanaan dan pembangunan selama empat tahun, dimulai dari tahun ini.

“Jadi nanti presiden sendiri yang akan mengumumkan (tahun ini). Justru lokasinya (yang akan diumumkan),” ujar Bambang.

Jika dirunut, proses pemindahan ibu kota negara pada 2019 sebagai keputusan, tahun 2020 sebagai proses perencanaan, tahun 2021-2023 proses pembangunan, dan tahun 2024 mulai memindahkan pusat pemerintahan.

Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur menjadi kandidat kuat calon ibu kota baru. Jokowi sendiri sudah mengunjungi kedua daerah tersebut.

Pengamat Tata Kota Yayat Supriatna menilai Kaltim menjadi provinsi yang paling berpotensi, karena memiliki kekurangan yang lebih sedikit dibanding Kalteng, di luar persoalan banjir dan sumber daya air tanah yang rendah.

Sedangkan Kalteng memiliki kekurangan yang lebih banyak, seperti jauh dari pelabuhan, ketersediaan air tanah yang terbatas, dikelilingi daerah gambut, dan kondisi demografi yang homogen.

“Dari fakta yang ada menunjukkan kelihatan memang faktanya Kaltim lebih punya potensi cepat berkembang,” ujar dia.

Setelah menyiapkan sekitar 62 ribu hektare lahan di Taman Hutan Raya Bukit Soeharto, Pemprov Kaltim kian gencar berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait rencana ini.

"Lokasi Bukit Soeharto sebagai calon ibu kota negara telah disurvei oleh Presiden Joko Widodo. Kemudian kami sudah dua kali koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri terkait kesiapan kita menjadi ibu kota negara," aku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kaltim, Zairin Zain di Samarinda, tengah pekan lalu.

img

Tolong semua link terkait ibu kota dimasukkan, tapi naikkan dulu beritanya. Foto-bakabar.com/Zulfikar

Baca Juga: Dukungan Kaltim Jadi Ibu Kota Bertambah

Baca Juga: Untuk Ibu Kota Baru, Kalteng Tawarkan Konsep 'Green And Smart City'

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner