Tak Berkategori

Selama Ramadan, AKP Sjaiful Rutin Isi Kultum di Masjid dan Musala

apahabar.com, BATULICIN – Momen Ramadan tidak membuat semangat anggota Polres Tanah Bumbu dalam menjaga keamanan dan…

Featured-Image
AKP Sjaiful saat mengisi kultum di Musala Fastabiqul Khairot. Foto-istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Momen Ramadan tidak membuat semangat anggota Polres Tanah Bumbu dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat menjadi kendor. Justru semangat menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat saat Ramadan makin berlipat ganda.

Seorang anggota Polres Tanah Bumbu yang aktif membaur bersama masyarakat untuk menjaga ketertiban saat Ramadan tahun ini adalah AKP Sjaiful Jayadiningrat. Saat ini AKP Sjaiful menjabat sebagai Kasat Binmas Polres Tanah Bumbu.

Sejak awal Ramadan tahun ini, sosok polisi yang dikenal religius itu aktif mengisi kultum di sejumlah masjid dan musala. Pada Minggu (12/5) kemarin, misalnya, AKP Sjaiful mengisi kultum di Musala Fastabiqul Khairot, Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir. Kultum tersebut ia sampaikan sebelum salat tarawih.

Dalam kultumnya, AKP Sjaiful tak hanya bicara soal agama, tetapi juga menyentuh banyak aspek terutama soal cara menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat.

AKP Sjaiful mengingatkan agar warga memastikan kondisi rumah benar-benar aman saat ditinggalkan.

Misalnya, dengan mematikan kompor, memeriksa kondisi listrik, dan memastikan rumah terkunci sebelum ditinggalkan. Ia juga mengimbau warga tidak menggunakan perhiasan berlebihan saat keluar rumah.

Saat berada di jalan, AKP Sjaiful meminta warga untuk memarkir kendaraan di tempat yang terang dan memastikan sepeda motor terkunci dengan benar. Ia meminta masyarakat untuk mengaktifkan pos kamling, mewaspadai orang tidak dikenal dan mencurigakan.

Kemudian, ia meminta pedagang untuk tidak melakukan penumpukan sembako. Menurutnya, praktik tersebut menyalahi aturan dan dapat dikenakan sanksi pidana.

Hal lain yang disampaikan yakni tentang ajaran agama yang menyimpang. Jika masyarakat menemukan suatu ajaran yang sampai mengganggu ketertiban masyarakat, ia meminta untuk tidak ragu melaporkannya ke pihak berwajib.

Berita hoaks juga menjadi sorotan AKP Sjaiful. Ia meminta masyarakat tidak terpengaruh oleh berita yang belum jelas kebenarannya. Ia mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah menyebarkan dan mengirim berita yang belum jelas validitasnya agar tidak terkena UU ITE.

Menurut dia, keamanan dan ketertiban sangat dibutuhkan dalam lingkungan masyarakat agar setiap kegiatan yang dijalankan dapat berjalan dengan lancar. Ia juga berterima kasih kepada masyarakat Tanbu yang sudah bekerjasama untuk menjaga ketertiban tersebut.

Baca Juga: Isi Ramadan, Anggota Polresta Banjarmasin Gelar Tadarusan

Baca Juga: Kajian Ramadan Bersama Guru Zuhdi; Adanya Alam Bukti Adanya Tuhan

Reporter: Puja Mandela
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner