Tak Berkategori

Rekapitulasi KPU, Gerindra Kunci Kursi Wakil Ketua DPRD Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Dari hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) berhasil…

Featured-Image
Foto: Kompas.com

bakabar.com, BANJARMASIN – Dari hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) berhasil mengunci jatah kursi wakil ketua di DPRD Banjarmasin.

Mereka mampu merebut posisi kursi wakil Ketua 1 DPRD Banjarmasin dengan mengalahkan suara Partai Golongan Karya (Golkar) yang sebelumnya menempati posisi pertama pada Pemilu 2014.

“Dengan memperoleh 43.136 suara, kami menduduki peringkat kedua setelah Partai Amanat Nasional (PAN) yang unggul pada Pemilu 2019 di Kota Banjarmasin,” terang Sekretaris DPC Partai Gerinda, Husaini kepada awak media, Sabtu (4/5).

Hasil rekapitulasi KPU Kota Banjarmasin, partai besutan Prabowo Subianto tersebut memperoleh enam kursi. Disebutkan Golkar menempel ketat dengan perolehan jumlah kursi yang sama.

Husaini menerangkan suara Gerindra di Banjarmasin mencapai 5.401 suara. Dengan demikian, kata dia, selisih suara Gerindra lebih banyak dengan Golkar yang berada di urutan ketiga.

“Terima kasih buat warga Banjarmasin yang sudah menaruh kepercayaan memilih Partai Gerindra. Semoga wakil rakyat yang mewakili Partai Gerinda benar-benar mengabdi untuk masyarakat,” tuturnya.

Keberhasilan ini, kata Husaini, tak terlepas dari sejumlah faktor. Antara lain, sosok figur Prabowo Subianto dinilai paling dominan meningkatkan perolehan suara Partai Gerindra di Kalsel.

“Soal narasi ganti presiden, juga salah satu faktor mendongkrak perolehan suara Gerindra. Kami menang telak di lima kecamatan Kota Banjarmasin,” tuturnya.

Sejauh ini, penghitungan suara secara real count hasil pemilihan presiden terus bergulir. Untuk Kalsel, dikutip bakabar.com dari website Komisi Pemilihan Umum (KPU), pukul 12.15 Wita, Sabtu (4/5), penghitungan suara masuk dari 8.478 tempat pemungutan suara (TPS) atau 64,45% dari total TPS yang sebanyak 13.153 TPS.

Sejauh ini, pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendulang 533.523 suara atau 35,94%. Sementara pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 950.790 suara atau 64,06%.

Adapun secara nasional sampai pukul 12.15 Wita, Sabtu (4/5), penghitungan suara sudah mencapai 531.983 TPS atau 65,40% dari total TPS yang sebanyak 813.350 TPS.

Dari penghitungan suara sementara, pasangan nomor urut 01 memperoleh 56.274.563 suara atau 56,11% dari total suara yang masuk. Sementara pasangan nomor urut 02 memperoleh 44.013.291 suara atau 43,89%.

Baca Juga:Bawaslu Tindaklanjuti Laporan BPN Prabowo-Sandi Situng KPU

Baca Juga:Relawan Jokowi-Ma'ruf Tunggu Penetapan Resmi KPU

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner