Tak Berkategori

Peziarah Ramai Jelang Ramadan, Petugas Ketiban Untung

apahabar.com, BANJARMASIN – Komplek pemakaman di berbagai sudut kota Banjarmasin mulai ramai dikunjungi para peziarah. Salah…

Featured-Image
Peziarah ramai mendatangi makam keluarga menjelang tibanya bulan suci Ramadan, Minggu (5/5). Foto-apahabar.com/AHC09

bakabar.com, BANJARMASIN – Komplek pemakaman di berbagai sudut kota Banjarmasin mulai ramai dikunjungi para peziarah. Salah satunya area pemakaman di Jalan Malkon Temon. Beberapa kendaraan terparkir di bahu jalan, sementara para peziarah tersebar untuk berdoa di depan makam kerabat mereka pada Minggu (5/5) pagi.

Baca Juga: Memahami Rumitnya Penentuan Awal Ramadan dengan Metode Rukyatul Hilal

"Saya ke sini mengunjungi makam keluarga istri saya," ucap Ahmad Rija, ketika hendak beranjak dari area makam.

Pria yang tinggal di kelurahan Teluk Dalam ini, datang bersama istri dan dua anaknya. Untuk perawatan, dia mengatakan sepenuhnya diserahkan kepada petugas sekitar.

Kawasan pemakaman terbagi menjadi beberapa area, tidak hanya pemakaman masyarakat umum tetapi juga terdapat Makam Pahlawan Pangeran Antasari di area tengah.

Pengurus Makam Pangeran Antasari, Dayan mengatakan tidak ada petugas khusus untuk pemeliharaan pemakaman umum, karena setiap area makam berasal dari rukun kematian yang berbeda.

"Di sini ada rukun kematian dari Muhammadiyah, NU, RKKB Bakumpai, Alkah masyarakat Madura, sampai dengan Masyarakat umum. Jadi untuk petugas, masing-masing Alkah yang mengurusnya."

Dari pantauan timbakabar.com, area pemakaman terlihat kurang terawat. Namun terdapat beberapa masyarakat yang berjaga di area pemakaman. Mereka adalah tenaga sukarelawan yang menjual jasanya sebagai tukang gali kubur, petugas parkir, keamanan, dan juga kebersihan.

"Jadi kalau ada yang datang baru mereka bekerja, biasanya ada yang minta untuk menebas rumput. Untuk upahnya sukarela saja," ucap Dayan

Dayan menuturkan, pengunjung banyak berdatangan saat hari libur. Memasuki hari terakhir di bulan Syakban, ia memprediksi banyak pengunjung yang berziarah saat sore hari nanti.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Makam Abah Guru Sekumpul Ramai Peziarah

Reporter: AHC09
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner