Tak Berkategori

Perpustakaan Keliling Dispersip Kalsel Sasar RPTRA Banua Anyar

apahabar.com, BANJARMASIN – Demi meningkatkan minat baca masyarakat, mobil perpustakaan keliling (Pusling) Palnam Dinas Perpustakaan dan…

Featured-Image
Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel berkeliling ke sejumlah lokasi, salah satunya ke Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di kolong Jembatan Banua Anyar, Jalan Pangeran Hidayatullah, Kota Banjarmasin, Sabtu (25/5). apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN – Demi meningkatkan minat baca masyarakat, mobil perpustakaan keliling (Pusling) Palnam Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel berkeliling ke sejumlah lokasi.

Kali ini, yang disasar adalah Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di kolong Jembatan Banua Anyar, Jalan Pangeran Hidayatullah, Kota Banjarmasin, Sabtu (25/5).

Baca Juga: Puluhan Anak Ikuti Kegiatan Sunat Massal Polda Kalsel

Kepala Dispersip Kalsel Nurliani Dardie mengakui pihaknya terus mengajak generasi muda gemar membaca. Upaya ini sedang digencarkan rutin dengan menggunakan mobil perpustakaan dan mendatangi permukiman warga terutama di lokasi yang ramai anak-anak.

"Setiap akhir pekan kami menyambangi warga. Sambil bermain dan bersantai bersama keluarga, bisa mendapatkan aneka bahan bacaan,” terangnya.

Menurutnya, berbagai buku disediakan mulai dari fiksi, buku keterampilan, dan juga buku anak-anak. Diharapkan keberadaan Pusling Palnam di lokasi-lokasi tersebut, dapat meningkatkan minat baca masyarakat Kota Banjarmasin.

Di sisi lain, Dispersip juga menampung saran dan masukan warga khususnya mereka yang berada di RPTRA Banua Anyar agar layanan Pusling direncanakan hadir minimal sekali atau dua kali dalam sebulan saat akhir pekan.

Baca Juga: Berkah Anak-anak Pengupas Udang di Pesisir Sungai Simpang Jelai

Menindaklanjuti masukan warga, Nurliani menegaskan segera menjadwalkan 8 mobil Pusling dan 4 trail untuk bisa datang pada kawasan ramah anak itu.

“Saya senang dan terima kasih atas antusias warga menyambut layanan pustling Dispersip. Kedepan entah dengan mobil atau trail yang kami punya akan dijadwalkan setiap akhir pekan kesana,” ujarnya.

Sementara itu, Nisfuady sebagai warga sekitar mengaku sangat senang karena mendapati buku yang selama ini dia cari.

“Kami sangat senang dan berterima kasih dengan adanya layanan pustling Palnam, kami berharap layanan pustling ke RTPRA ini bisa rutin tidak cuma setahun sekali saat ngabuburit bulan Ramadan,” harapnya.

Baca Juga: Berkah Ramadan, Kompol Ukkas M. Kitta Bagikan Puluhan Paket Sembako

Dia juga berharap ke depan layanan Pusling menambah koleksi buku dengan tujuan agar apa yang dibutuhkan para warga.

Selain itu, layanan Pusling juga mengunjungi Lapas Teluk Dalam, ternyata antusias masyarakat terhadap buku sangat menggembirakan, baik anak-anak, remaja dan dewasa antusias memilih bahan bacaan di Pusling.

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz F



Komentar
Banner
Banner