Tak Berkategori

Ketua IDI Banjarmasin: Hindari Makanan dan Minuman Ini Ketika Sahur

apahabar.com, BANJARMASIN – Bersahur, selain merupakan sunnah Rasul SAW, juga bermanfaat bagi kondisi tubuh saat berpuasa….

Featured-Image
ilustrasi makanan pedas. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Bersahur, selain merupakan sunnah Rasul SAW, juga bermanfaat bagi kondisi tubuh saat berpuasa. Namun tentu saja, tidak semua makanan dan minuman dianjurkan ketika bersahur. Ada di antaranya yang perlu dihindari.

Ketua IDI Kota Banjarmasin, dr Syaukani mengungkapkan pentingnya bersahur bagi orang yang akan menjalani puasa. Menurutnya sahur bagus untuk mengisi energi tubuh, dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat.

Dengan memilih makanan yang tepat saat sahur, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Selain itu, Rasul SAW menganjurkan sahur di penghujung waktu. Ditinjau dari sisi kesehatan, anjuran tersebut sangat penting bagi kondisi tubuh. Dengan sahur di penghujung waktu, cadangan energi dalam tubuh bisa bertahan lebih lama.

“Jadi, kita menjadi lebih tahan lapar dan haus karena makanan dan minuman dalam lambung, bertahan lebih lama pada saat sudah mulai berpuasa,” kata dr Syaukani.

dr Syaukani menganjurkan agar makan sahur dengan porsi yang cukup. Tidak berlebihan dan mengandung gizi yang seimbang. Konsumsi buah

dan sayur untuk kebutuhan serat sangat bagus untuk pencernaan tetap lancar.

Agar sahur optimal, dr Syaukani sarankan beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat bersahur.Di antaranya, makanan yang terlalu manis atau mengandung gula berlebih, kopi, minuman bersoda, makanan yang terlalu berminyak, makanan asin, dan pedas.

Tujuan menghindari makanan dan minuman tersebut agar tubuh tidak cepat lemas, tidak cepat haus, dan pencernaan tidak bermasalah.

Baca Juga:Ramadan 2019, Balangan dan Banjarmasin Waspada Kebakaran

Baca Juga:Gelar Jualan di Dini Hari Ramadan, Dua Gadis Cantik Ini Bantah Disebut Warung Jablay

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner