Tak Berkategori

Respon Dinkes Kota Minimalisir Jumlah Petugas KPPS yang Sakit

apahabar.com, BANJARMASIN – Sedikitnya lima petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kota Banjarmasin yang sakit saat…

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN – Sedikitnya lima petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kota Banjarmasin yang sakit saat bertugas pada Pemilu 2019.

Hal ini mengundang perhatian Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin. Guna merespon Surat Edaran Kemenkes RI Nomor HK 02.02/III/1681/2019 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan bagi petugas KPPS.

“Demi meminimalisir petugas KPPS yang kelelahan saat bertugas dan kemudian sakit bahkan meninggal dunia, kami telah menyiapkan tim untuk turun langsung ke lapangan,” ucap Plt Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin Lukman Hakim, Jumat (26/04/2019).

Ia menjelaskan pihaknya juga menyiapkan beberapa tim yang memantau langsung di tiap kecamatan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi anggota KPPS yang memerlukan.

“Nanti untuk menjaga pos pelayanan kesehatan dibagi menjadi tiga shift. Pagi, siang hingga malam hari, agar pelayanan kesehatan lebih maksimal diberikan kepada KPPS,” ujarnya.

Baca Juga:KPU: Total 225 Petugas KPPS Meninggal dan 1.470 Orang Sakit

Menurutnya, anggota KPPS maupun pihak keamanan bekerja keras dalam melaksanakan perhitungan surat suara, yang sangat menyita waktu hingga membuat KPPS tidak ada waktu istirahat.

“Untuk itu, kami selalu siap siaga dalam memberikan pelayanan kesehatan agar membantu para anggota KPPS menjalankan tugas mereka,” ungkapnya

Dinkes, kata dia telah mempersiapkan tenaga medis di masing-masing kecamatan sebelum surat edaran itu resmi dibagikan. Sesuai laporan dari lima kecamatan untuk menyediakan tenaga medis bersiaga.

Adapun kelima petugas KPPS di Banjarmasin yang sedang dalam perawatan yakni Siswanto (PPK Kecamatan Banjarmasin Utara), Kameliah Areda (Ketua PPS Kertak Baru Ilir, Kecamatan Banjarmasin Tengah), dan Kasful Anwar (Ketua KPPS Kelayan Barat, Kecamatan Banjarmasin Selatan) dirawat di RSUD Ulin.

Ada pula nama Wawan Rosadi (KPPS 40 Kelurahan Belitung Selatan, Kecamatan Banjarmasin Barat), dan Suyadi (Ketua KPPS 40 Belitung Selatan, Banjarmasin Selatan).

Baca Juga: Pilu Pejuang Demokrasi di Kandangan: Tak Sempat Nikmati Uang Honor KPPS

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner