Nasional

Jokowi dan Prabowo Tak Lakukan Persiapan Khusus untuk Debat Pamungkas

apahabar.com, JAKARTA – Kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 memasuki babak akhir. Sebelum pencoblosan pada 17 April…

Featured-Image
Debat Kelima, Capres-Cawapres. Infografis-apahabar.com/Rifad

bakabar.com, JAKARTA - Kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 memasuki babak akhir. Sebelum pencoblosan pada 17 April mendatang, kedua pasangan calon kembali dipertemukan dalam ajang adu gagasan di debat kelima.

Kedua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Jokowi-KH Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tak melakukan persiapan khusus untuk menghadapi debat pamungkas pilpres malam nanti.

“Hari ini Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf tidak melakukan persiapan khusus karena kita lihat beliau berkegiatan kampanye terus menerus dan juga hari ini kegiatan beliau dari pagi sangat full,” kata juru bicara TKN Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding seperti dilansir detikcom, Sabtu (13/4/2019).

Karding mengatakan, Jokowi juga tak menganggap enteng debat pamungkas. Namun pengalaman selama menjadi presiden merupakan bekal Jokowi menghadapi debat terutama tentang ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

“Itu bukan berarti beliau mengentengkan, lebih pada karena beliau telah memiliki pengalaman yang sudah dipraktikkan, teori ekonomi dan bagaimana mensejahterakan rakyat itu beliau sudah praktikkan,” ujarnya.

TKN juga optimis Jokowi-Ma’ruf akan menang telak dalam debat nanti. Meski tak ada persiapan khusus, Jokowi bisa saja memperbaharui informasi di sela-sela kampanye hari ini.

Baca Juga: Debat ke-5 Pilpres Lebih Tegas, Undangan yang Mengganggu Dikeluarkan

“Kami yakin bahwa tentu pak Jokowi akan menang telak dalam debat nanti malam seperti halnya debat sebelumnya. Penguasaan materi pasti akan lebih baik karena pengalaman beliau. Yang paling mungkin di sela-sela kampanye update informasi tentang tema itu dari orang sekitar beliau,” pungkasnya.

Sementara Badan Pemenangan Nasional (BPN)Prabowo-Sandiaga menyebut jagoan mereka tak punya persiapan khusus sebelum tampil di debat pamungkas malam nanti. Meski begitu BPN yakin pasangan nomor urut 02 akan menguasai materi.

“Tak ada persiapan khusus. Kami percaya Pak Prabowo telah menguasai tema debat, karena tema ekonomi, kesejahteraan dan keuangan itu telah menjadi bacaan keseharian Pak Prabowo,” kata juru debat BPN Suhud Alynuddin, saat dihubungi, Sabtu (13/4/2019).

Suhud yakin Prabowo-Sandi bakal unggul di debat terakhir. Alasannya, tema debat kali ini merupakan kelamahan Joko Widodo sebagai petahana.

“Kami yakin Pak Prabowo kembali unggul atas Pak Jokowi dalam debat nanti, karena justru di aspek ekonomi dan kesejahteraan menjadi titik lemah pemerintahan Pak Jokowi karena banyak aspek gagal direalisasikan,” ujarnya.

Dia menambahkan, Prabowo akan fokus meyakinkan masyarakat di debat nanti. Menurut Suhud selama kampanye terbuka banyak harapan masyarakat yang disampaikan ke Prabowo.

“Di dalam debat terakhir Pak Prabowo hanya ingin kembali memastikan bahwa ia siap mengemban amanah dan harapan rakyat yang begitu besar sebagaimana diperlihatkan dalam kampanye terbuka,” pungkasnya.

Baca Juga:Jika Tak Tertib, KPU: Penonton Debat Harus Keluar

Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner