Tak Berkategori

Jelang Pemilu, Perputaran Uang di Kalsel Rp847 Miliar

apahabar.com, BANJARMASIN – Pelaksanaan Pemilu tinggal menghitung hari. Apakah pesta demokrasi ini mempengaruhi perputaran uang? Termasuk…

Featured-Image
Ilustrasi uang. Foto-Palapa News

bakabar.com, BANJARMASIN - Pelaksanaan Pemilu tinggal menghitung hari. Apakah pesta demokrasi ini mempengaruhi perputaran uang? Termasuk di Kalimantan Selatan.

Hingga 5 hari jelang momen Pemilu, perputaran uang di daerah ini belum menunjukkan indikasi peningkatan arus kas (cash outflow) yang signifikan.

Kepadabakabar.comManajer Humas Kantor Perwakilan BI Kalsel, Abdul Haris mengatakan arus kas (cash inflow) dan arus kas keluar (cash outflow) dari akhir Maret hingga jelang Pemilu masih normal.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2019, Ririe Tegaskan Tolak Money Politic dan Jangan Golput

“Inflow (kegiatan transaksi) di Kalsel jelang Pemilu berada pada Rp847 miliar, sedangkan outflow mencapai Rp735 miliar,” ujarnya.Dibanding bulan-bulan sebelumnya, saat ini perputaran uang masih terbilang normal.

Untuk penarikan uang dalam jumlah besar, BI tidak bisa menyebutkan, karena tidak memantau sejauh itu. Untuk data penarikan dalam jumlah besar, biasanya itu ada pada masing-masing bank. Sedangkan BI hanya menerima data besarnya saja.

“Outflow justru akan terjadi saat bulan puasa,” Katanya.Haris juga mengatakan, saat ini BI sedang menyiapkan diri menghadapi lonjakan di bulan Puasa hingga mendekati Idul Fitri.

Baca Juga:Jelang Pemilu, Amplop di Banjarmasin Laris Manis..!!

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner