Tak Berkategori

Jelang Malam, Banjir Dadakan Terjang Desa Lingsir Paringin Selatan

apahabar.com, PARINGIN – Jelang malam, air bah melanda Desa Lingsir, RT 1, Paringin Selatan, Kabupaten Balangan,…

Featured-Image
Kondisi Desa Lingsir, RT 1, Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Sabtu (27/4), pasca diterjang banjir. apahabar.com/Agus Suhadi

bakabar.com, PARINGIN – Jelang malam, air bah melanda Desa Lingsir, RT 1, Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Sabtu (27/4). Di kecamatan itu, ketinggian air disertai lumpur mencapai lutut orang dewasa.

Dari pantauan bakabar.com, sedikitnya 20 rumah warga terendam banjir. Belum ada laporan korban jiwa dari kejadian ini.

Sampai berita ini diturunkan, puluhan warga tampak sibuk mengemasi barang berharga mereka. Genangan air sempat melumpuhkan aktifitas lalu lintas di desa tersebut.

Ruas jalan utama tidak bisa dilewati akibat tergenang air. Kendaraan sejumlah warga yang ngotot menembus genangan air mogok.

Desa Lingsir menjadi daerah paling terdampak. Sesuai pantauan lapangan, air bah datang dari seberang bukit arah Masjid Al-Akbar Balangan.

“Banjir ini sudah kedua kalinya terjadi di desa kami,” ucap Madi, warga Desa Lingsir di lokasi banjir.

Menurut warga sekitar, banjir kiriman ini sudah terjadi sejak pukul 15.00 waktu setempat. Dan mulai surut pada pukul 18.01.

Sampai saat ini, sejumlah personel BPBD Balangan masih melakukan pemantauan kepada warga yang terdampak banjir kiriman tersebut.

“Kami yang saat ini bertugas piket langsung datang ke lokasi begitu mendengar laporan banjir. Pantauan awal sudah kami lakukan untuk mengambil tindakan selanjutnya,” jelas Ardan, personel BPBD Balangan.

Ya, sejak siang hujan deras mengguyur kawasan Bumi Sanggam (sebutan Balangan) membuat sejumlah warga di Paringin waswas.

Guyuran hujan dengan intensitas tinggi dalam beberapa menit saja sudah merendam halaman rumah warga. Misalnya, di Haur Batu, Paringin Kota, Kabupaten Balangan, Sabtu (27/4) siang.

Paringin dari pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalsel, menjadi salah satu daerah yang paling diwaspadai.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Kotabaru, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Banjar, Banjarbaru, Banjarmasin, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai utara, Balangan, dan sekitarnya," begitu bunyi peringatan lembaga peramal cuaca itu untuk hari ini.

Baca Juga:Warga Paringin Waswas Hujan Deras

Baca Juga:Aksi Nyata Forum Komunitas Hijau Balangan di Paringin

Reporter: Ahc 08
Editor: Fariz F



Komentar
Banner
Banner