Tak Berkategori

PSC 119 RSUD Sultan Suriansyah Siapkan Layanan Panggil

apahabar.com, BANJARMASIN – Walau belum beroperasi, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Suriansyah membuka layanan baru,…

Featured-Image
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Suriansyah. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - Walau belum beroperasi, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Suriansyah membuka layanan baru, Publik Safety Center (PSC) 119. Layanan ini memanfaatkan mobil ambulan untuk mendatangi pasien yang perlu penanganan segera. Untuk mendapatkan layanan PSC 119, masyarakat cukup menghubungi call center 08115033119.

“Sesuai dengan rencana kita hari ini, PSC 119 akan beroperasi berdasarkan panggilan dari masyarakat untuk insiden kegawat daruratan," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Lukman Hakim.

Layanan PSC 119, tekan Lukman, tujuannya agar bisa membantu melakukanevakuasi pertama gawat darurat.

“Apabila ada warga yang meminta pelayanan melalui call center, maka sang operator akan mendistribusikan bantuan ke tempat lokasi yang dituju," ungkapnya.

Pelayanan untuk umum ini dibuka 1 X 24 jam. Unit PSC 119 juga terus siaga untuk membantu warga pada 5 kecamatan Kota Banjarmasin.

Baca Juga:Alasan Warga Terdampak Pembangunan RSUD Sultan Suriansyah Masih Usahakan Banding

"Unit PSC 119 ini kita perintahkan untuk mobile memonitoring ke setiap lokasi, jadi tidak hanya berada ditempat," ujarnya.

Dalam ambulan tak hanya menyediakan perangkat medis, tapi juga memboyong tenaga medis yang profesional terlatih dan terampil hasil pembinaan Dinas Kesehatan Banjarmasin.

“Tenaga medis itu sudah kita latih dengan bekal medik. Semua tenaga perawat dan dokter milik Pemko Banjarmasin diarahkan bisa memberikan pelayanan terbaik," tekannya.

Tenaga medis, terangnya, akan mengkaji terlebih dahulu terkait penanganan yang diberikan. Apabila dianggap parah maka akan dirujukan segera ke rumah sakit terdekat dari lokasi panggilan.

Unit PSC 119, tambah Lukman, telah diverifikasi untuk seluruh rumah sakit yang berada di Banjarmasin.

“Kita sudah berkoordinasi dengan seluruh rumah sakit untuk melayani warga menggunakan unit PSC 199. Jadi tidak boleh ada yang menolak,” ujarnya.

Baca Juga:Eksekusi 8 Bangunan di Area RSUD Sultan Suriansyah Ditunda

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif

Komentar
Banner
Banner