Kalteng

Petani Desa Trinsing di Barut Berhasil Kembangkan Buah Melon

apahabar.com, MUARA TEWEH – Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah, melalui Gilang salah satu petani…

Featured-Image
Petani Desa Trinsing panen buah melon di desa setempat, Rabu (20/3/2019). Foto-Istimewa/Dinas Pertanian Barut

bakabar.com, MUARA TEWEH -Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah, melalui Gilang salah satu petani binaan mereka di Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan, berhasil mengembangkan buah melon jenis adysta atau melon hijau dan melon madu (warna kuning) di lahan pertanian setempat.

Saat ini petani setempat sudah melakukan panen perdana terhadap tanaman melon yang merupakan uji coba Dinas Pertanian Barut.

Kepala Desa Trinsing, Hery Mansupardi mengatakan dari hasil uji coba tersebut ternyata pertanian buah melon ini berhasil dan saat ini buah melon yang ditanam sudah mulai panen.

"Kami dari desa tentunya sangat mendorong hal ini, sebab ini bisa menjadi produk unggulan bagi Desa Trinsing dan buah melon yang dihasilkan juga mudah untuk dipasarkan," katanya seperti dilansir Antara, Sabtu (23/32019).

Kedepan, kata dia, untuk membantu para petani di wilayah Desa Trinsing, pemerintah desa setempat akan membantu memasarkan produk-produk hasil pertanian masyarakat, melalui BUMDes setempat.

"Kita juga berencana akan menambah luasan pertanian untuk tanaman melon dengan membuka lahan baru di Desa Trinsing, serta juga membuka akses jalan menuju lahan pertanian warga, untuk mempermudah para petani keluar dan masuk lahan pertaniannya,” ucapnya.

Baca Juga:Mulai 2019, Barut Kembali Berlakukan Pajak Sarang Burung Walet

Sementara, masih dilansir Antara, Wakil Ketua I DPRD Barut Hj Mery Rukaini yang meninjau lokasi tanaman melon menyambut baik inovasi dari petani Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan dalam mengolah lahannya untuk pertanian buah melon.

Pertanian buah melon ini termasuk baru pertama kali dilaksanakan di wilayah Kabupaten Barut di lahan seluas 0,25 hektare.

"Kita sangat mengapresiasi hal ini apa yang dilakukan oleh petani kita di daerah Trinsing, dan kita meminta kepada Dinas Pertanian agar terus melakukan pembinaan terhadap para petani ini," kata Mery yang juga politisi Partai Demokrat.

Dia berharap, pertanian buah melon ini dapat terus dikembangkan, sebab melalui pertanian ini dapat meningkatkan kesejahteraan para petani. Selama ini pasokan buah melon selalu didatangkan dari luar daerah.

Baca Juga: Pemprov Kalteng Siapkan Dana Miliaran Rupiah untuk Pembayaran Rapel Kenaikan Gaji PNS

Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner