Sport

Menang Tipis atas Betis, Valencia Hadapi Barcelona di Final Copa Del Rey

apahabar.com, BANJARMASIN – Valencia memastikan diri ke fina Copa Del Rey setelah dalam leg kedua menyingkirkan…

Featured-Image
Gool semata wayang Valencia Rodrigo Moreno. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN – Valencia memastikan diri ke fina Copa Del Rey setelah dalam leg kedua menyingkirkan Real Betis dengan skor tipis 1 – 0, Jumat dini hari (1/3) tadi di Stadion Mestalla, markas Valencia. Gol semata wayang Valencia dicetak Rodrigo Moreno di menit 56 babak kedua.

Dengan kemenangan tipis itu sudah lebih dari cukup untuk meloloskan Valencia ke final. Sebab pada leg pertama yang berlangsung di markas Betis, mereka mendapatkan dua gol tandang dalam hasil imbang 2-2. Valencia pun menang dengan agregat 3 – 2.

Di laga pamungkas, Valencia akan bertemu Barcelona di babak final yang sebelumnya menggulung Real Madrid dengan agregat 4 – 1. Laga final Valencia kontra Barcelona akan digelar 25 Mei mendatang.

Bermain di kandang, atmosfer Stadion Mestalla belum cukup membuat tim tuan rumah menyala di paruh pertama. Justru Kiper Valencia Jaume Domenech harus menyelamatkan gawangnya setelah dikejutkan oleh eksekusi tendangan bebas Sergio Canales.

Jese dan Allisa Mandi juga menciptakan sejumlah peluang bagus bagi Betis di kala tim tuan rumah kurang tajam di lini depan.

Baca Juga:Jokowi Tambah Bonus Timnas U-22 Rp200 Juta

Klub asuhan Marcelino Garcia Toral itu memecah kebuntuan mereka di menit ke-56 lewat gol yang tercipta dari kaki kiri Rodrigo Moreno. Kevin Gameiro yang menerima umpan dari Piccini, melakukan chip pass, mencungkil bola untuk mengecoh kiper Joel Robles, yang kemudian disambut sontekan Moreno dari jarak dekat.

Wasit memutuskan gol itu sah setelah melihat VAR karena sempat dikira offside.

Canales hampir menyamakan kedudukan di menit ke-86 lewat tendangan keras kaki kirinya namun lagi-lagi Domenech mampu menepis bola yang mengarah ke pojok kanan gawang.

Betis mengerahkan semua kemampuannya untuk menyerang di menit-menit akhir. Namun, tambahan waktu empat menit tidak bisa dimanfaatkan kedua tim untuk merubah skor pertandingan.

Bagi Valencia, ini merupakan final Copa del Rey ke-17 dalam sejarah mereka. Dari 16 final sebelumnya, Los Murcielagos tujuh kali jadi juara dan sembilan kali menjadi runner-up.

Terakhir kali Valencia memenangi final adalah pada 2008 silam. Itu juga jadi penampilan terakhir mereka di partai puncak Copa del Rey, sebelum akhirnya kembali di musim ini.

Sementara Barcelona secara keseluruhan sudah 40 kali merasakan laga final turnamen ini. Blaugrana juara di 30 kesempatan, yang teranyar adalah tahun lalu.

Susunan pemain:

Valencia (4-4-2) : Jaume Domenech; Cristiano Piccini, Gabriel Paulista, Facundo Roncaglia, Jose Gaya; Daniel Wass, Daniel Parejo, Frances Coquelin, Goncalo Guedes; Kevin Gameiro, Rodrigo Moreno.
Substitusi: Neto, Mouctar Diakhaby, Santi Mina, Carlos Soler, Ferran Torres, Denis Cheryshev, Geoffrey Kondogbia.

Real Betis (3-5-2) : Joel Robles; Aissa Mandi, Marc Bartra, Sidnei; Francis, William Carvalho, Andres Guardado, Sergio Canales, Joaquin; Giovani Lo Celso, Jese Rodriguez.
Substitusi: Pau Lopez, Antonio Barragan, Zouhair Feddal, Javi Garcia, Cristian Tello, Diego Lainez, Loren Moron.

Editor: Budi Ismanto



Komentar
Banner
Banner