Politik

Jokowi Ajak Warga Perangi Hoaks

apahabar.com, JEMBER – Akses informasi makin mudah didapat. Karenanya pemberitaan bohong (hoaks) selalu muncul. Tak ingin…

Featured-Image
Jokowi berjalan menuju panggung dalam kampanye di Jember. Foto-Tribunnews.com

bakabar.com, JEMBER - Akses informasi makin mudah didapat. Karenanya pemberitaan bohong (hoaks) selalu muncul.

Tak ingin dirinya ketiban derasnya berita yang tak jelas kebenarannya itu, Joko Widodo (Jokowi) pun meminta warga Jember untuk memerangi informasi hoaks yang kerap muncul melalui media sosial menjelang pemungutan suara pada 17 April 2019.

Baca Juga: Survei JSI: Jokowi-Ma'ruf Lebih Baik Saat Debat

“Kita lawan hoaks bersama-sama karena saat ini banyak beredar informasi kalau Jokowi-Ma’ruf Amin menang, maka pendidikan gratis akan dihapus. Itu tidak benar,” kata Jokowi dihadapan ribuan pendukung dan simpatisan dalam kampanye terbuka yang digelar di Stadion Jember Sport Garden, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin sore.

Menurutnya sejumlah isu yang digulirkan pihak tak bertanggung jawab seperti dihalalkannya LGBT dan zina saat Jokowi-Ma’ruf Amin menang merupakan informasi yang tidak benar. Makanya ia mengingatkan masyarakat Jember meluruskan informasi tersebut dengan bersama-sama melawan hoaks.

“Jangan mudah percaya dengan informasi bohong dan saya minta informasi itu diluruskan yang benar seperti apa, sehingga tercipta suasana yang kondusif saat Pemilu,” ucap capres petahana seperti ditulis Antara.

Jokowi meminta masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan. Karena Indonesia memiliki budaya dan tradisi yang berbeda-beda. Hoaks, menurut Jokowi, praktik yang berbahaya karena bisa memecah belah persatuan dan kesatuan yang telah lama terbina di negara ini.

“Jaga kebersamaan dan jalin terus persaudaraan, serta kerukunan kita. Jangan mudah dipecah belah karena masyarakat harus merawat bersama persaudaraan itu,” tuturnya.

Dalam kampanye di Jember, Jokowi mengenakan pakaian khasnya baju berwarna putih dan celana hitam dengan didampingi istrinya Iriana bersama rombongan Tim Kampanye Nasional. Kehadiran Jokowi di Stadion Jember Sport Garden disambut meriah.

Hujan yang mengguyur kawasan Jember Sport Garden tidak menyurutkan antusias para pendukung calon urut nomor 01 untuk bertahan di lapangan tersebut. Jokowi bersama rombongan baru naik ke panggung sekitar pukul 15.30 WIB, namun hujan reda ketika Jokowi berorasi politik dihadapan ribuan peserta kampanye terbuka.

Baca Juga: Charta Politika Rilis Survei Unggulkan Jokowi-Ma'ruf

Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner