Nasional

Puluhan Masih Tertimbun, Korban MD Tambang Longsor Terus Bertambah

apahabar.com, BOLAANGMONGONDOW – Jumlah korban tewas tambang emas yang longsor bertambah menjadi 8 orang. “Korban meninggal…

Featured-Image
Satu korban longsor tambang emas di Desa Bakan, Lolayan, Bolaang Mongondow berhasil dievakuasi dalam kondisi meninggal dunia, siang tadi sekira pukul 13.00 waktu setempat. BNPB menyebut masih ada sekira 43 orang tertimbun longsor. Foto-Dok. BNPB

bakabar.com, BOLAANGMONGONDOW – Jumlah korban tewas tambang emas yang longsor bertambah menjadi 8 orang.

“Korban meninggal 8 orang dan yang selamat 19 orang,” ujar Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara, Yasti Soepredjo Mokoagow dikutip dari Detikcom, Rabu (27/2/2019).

Belum dipastikan jumlah korban yang diperkirakan masih tertimbun longsor tambang emas ilegal di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan.

Baca Juga:Kehadiran Prabowo di Yogya Ricuh, Polisi Lepas Tembakan Peringatan

Dari informasi yang diterima, masih ada puluhan orang yang tertimbun di tambang ilegal tersebut.

“Yang selamat kita tanya ada bervariasi. Tetapi (yang) menyebutkan angka 80 orang itu paling kecil, yang menyebutkan angka di atas 100 itu paling banyak dari korban yang selamatnya. Banyak sekali memang di dalam situ,” imbuhnya.

Menurut Yasti, para penambang berasal dari sejumlah wilayah, bukan hanya desa tersebut.

“Cukup banyak karena mereka masuk itu berkelompok 6 sampai 10 orang satu kelompok. Nah di dalam itu cukup banyak,” sambung dia.

Proses evakuasi menurut Yasti memang sulit karena medan tambang emas curam. Dinding batu di terowongan tambang memiliki kemiringan 90 derajat.

“Kemudian kecuraman kalau saya lihat ada 100 meter ke bawah. Ngeri curam sekali, kita turun pakai tali bergelantungan. Jadi tim itu sangat hati hati untuk mengevakuasi karena kondisi tanah yang labil, curam,” kata dia.

Longsor di tambang emas ilegal di Bolmong terjadi sekitar pukul 22.55 Wita, Selasa (26/2). Saksi mata menyebut longsor terjadi setelah tiang penyangga lubang terowongan patah.

Dikutip dalam laman resmi BNPB, sampai pukul 14.30 WITA, dampak longsor penambangan emas di Bolaang Mongondow 3 orang meninggal dunia, 17 korban berhasil dievakuasi, dan 14 selamat.

Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho memperkirakan masih ada 43 orang masih tertimbun longsor. Evakuasi terus dilakukan oleh tim SAR gabungan. Selain itu BNPB menduga operasional tambang tersebut tanpa izin alias ilegal.

Baca Juga:Jokowi Minta NU Ikut Tangkal Hoaks dan Fitnah

Editor: Fariz F



Komentar
Banner
Banner