Tak Berkategori

Lima Ludes di Pelambuan, Kerugian Capai 500 Juta

apahabar.com, BANJARMASIN – Polisi menyatakan empat dari lima rumah habis terbakar dalam kejadian di Gang Sedayu,…

Featured-Image
Akses jalan yang sempit serta minimnya sumber pasokan air sempat menyulitkan langkah pemadaman di kawasan pemukiman penduduk, Rt 51/03, Pelambuan, Banjarmasin Barat. Lima rumah hangus dari kebakaran ini. Beruntung, nihil korban jiwa. apahabar.com/Randy

bakabar.com, BANJARMASIN – Polisi menyatakan empat dari lima rumah habis terbakar dalam kejadian di Gang Sedayu, RT 51/03, Pelambuan, Banjarmasin Barat, Kamis (7/2) pukul 11.00 tadi.

Satu lainnya terbakar pada bagian atap saja. Selain rumah, Honda Beat DA 6267 milik Rina ikut dilahap api.

img

“Tidak sempat dipindahkan karena terikat oleh rantai,” jelas Kapolsek Banjarmasin Barat AKP Mars suryo Kartiko didampingi Brigadir Gusti Yandra di lokasi kejadian.

“Api diduga berasal dari korsleting arus pendek listrik karena tidak teraturnya instalator,” sambung kapolsek.

Kepada polisi, seorang saksi bernama Johan mengatakan, api kali pertama terlihat di bagian dapur rumah milik Rusminah.

“Dari bagian belakang atau dapur rumah rusminah,” jelasnya.

Di samping petugas pemadam melakukan pendingin, beberapa polisi berpakaian sipil tampak berjaga di lokasi kejadian menunggu olah TKP dilangsungkan sekaligus menjaga harta benda milik korban yang masih tersisa. Kerugian materil ditaksir mencapai Rp. 500 juta.

“Untuk kendaraan diperkirakan korban merugi sebesar Rp 7 juta. Tidak ada korban jiwa,” jelasnya.

Pasca kejadian, Kepala BPBD Banjarmasin M Hilmi didampingi Lurah Pelambuan Soltoni memastikan langkah evakuasi korban terdampak telah disiapkan.

“Ada 5 keluarga dengan total 15 jiwa yang mesti diungsikan, termasuk 3 balita. Kami sedang berkoordinasi dengan Dinas Sosial,” jelas Hilmi kepada bakabar.com di lokasi kejadian.

Baca Juga:5 Rumah Hangus di Pelambuan, Pemilik Pingsan

Sebelumnya, api mengamuk di kawasan pemukiman penduduk, Rt 51/03, Pelambuan, Banjarmasin Barat. Lima rumah hangus dari kebakaran ini. Beruntung, nihil korban jiwa.

Akses jalan yang sempit serta minimnya sumber pasokan air sempat menyulitkan langkah pemadaman.

"Kami menggunakan air bercampur lumpur untuk memadamkan api," jelas Ketua RT setempat.

Warga sekitar dibantu petugas BPBD berhasil memadamkan api setengah jam kemudian atau sekira pukul 11.28 Wita. Menurut warga setempat, api berasal dari rumah bercat biru berbahan kayu.

Hilmi menyebut, "Api berasal dari rumah kosong milik Alus."

Kala itu, pemilik rumah diketahui sedang bertani. Api, kemudian menjalar ke rumah Ampam yang hanya berbatasan dinding saja. Di rumah berbahan kayu itu api turut menghabiskan satu unit sepeda motor.

"Pemilik rumah sedang berjualan," ujarnya.

Reporter: Randy FEditor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner