Tak Berkategori

Kemenkominfo Minta Kaum Hawa Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemilu

apahabar.com, BANJARMASIN – Gerakan pemerintah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terus menggeliat. Strategi segmentasi dalam sosialisasi pemilu…

Featured-Image
Kemenkominfo menggelar sosialisasi pemilih perempuan di Hotel Aria Barito, Banjarmasin, Kamis (21/2/2019). Tujuannya untuk memudahkan pemahaman pada pesta demokrasi lima tahunan. apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN – Gerakan pemerintah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terus menggeliat. Strategi segmentasi dalam sosialisasi pemilu menjadi rujukan utama.

Kali ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memilih kaum hawa, mulai dari mahasiwa hinga Emak-Emak.

Mereka dianggap memiliki kapasitas penting, setelah sebelumnya fokus pada ormas, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemilih pemula.

Baca Juga:Tingkatkan Pelayanan, PN Banjarmasin Tambah Monitor dan Kursi Pengunjung Sidang

Untuk memudahkan pemahaman pada pesta demokrasi lima tahunan, Kemenkominfo menggelar sosialisasi pemilih perempuan di Hotel Aria Barito, Banjarmasin, Kamis (21/2/2019).

“Pemilih perempuan akan lebih mudah untuk memahami mengenai pentingnya menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 mendatang,” terang Sekretaris Jenderal Kemenkominfo Rosarita Niken Widyastuti, Kamis (21/2).

Dengan begitu, Niken melanjutkan, partisipasi perempuan untuk menggunakan hak suara juga akan mengalami peningkatan sekitar 60 persen dari jumlah pemilih.

Mengingat, semua warga masyarakat terutama perempuan juga memiliki peran signifikan dalam menentukan kesuksesan penyelenggaraan Pemilu 2019.

Baca Juga:Dinas Kesehatan Tanbu akan Programkan Desa Bebas DBD

Karenanya, Kemenkominfo bekerja sama dengan KPU dan Bawaslu agar menyebarkan pentingnya pengetahuan pemilu untuk kaum hawa. Apalagi menurutnya pemilih perempuan di Bumi Lambung Mangkurat masih dalam posisi aman.

“Kami juga mengajak seluruh masyarakat untuk tidak golput dan bersama-sama membantu pemerintah dalam menyebarkan konten-konten yang positif yang mencerahkan tentang Pileg dan Pilpres 2019,” harapnya.

Menurut Plt Dirjen Informasi dan Komunikasi Kemkominfo ini, pesta demokasi yang akan dilaksanakan lima tahunan ini harus disukseskan oleh seluruh rakyat Indonesia, apalagi untuk pemilih perempuan.

“Kita pemilih perempuan jangan berdiam diri saja, harus lebih aktif dan menyuarakan apa yang ingin disampaikan untuk mewujudkan Pemilu damai,” ucapnya.

Baca Juga:Madrasah Ibtidaiyah Musyawarah, Mati Segan Hidup Tak Mau

Sementara itu, Gea mahasiswi dari ULM Banjarmasin yang menjadi peserta sosialisasi sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan Kemkominfo RI.

Baginya, kegiatan ini penting sebagai pemilih pemula memilih pada waktu pencoblosan 17 april nanti.

Untuk kegiatan serupa, Kemenkominfo sebelumnya melaksanakannya di Solo, Provinsi Jawa Tengah. Setelah Banjarmasin, dalam waktu dekat akan dilanjutkan di Pontianak, Kalimantan Barat dan Provinsi Bali.

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner