Religi

Sekumpul Selalu Dipadati peziarah, Oleh-oleh Ini Selalu Digemari

apahabar.com, MARTAPURA – Sejak wafatnya Abah Guru Sekumpul –KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani- hampir 14…

Featured-Image
Peziarah sedang memilih tasbih dari kayu kaukah di sebuah toko area makam Abah Guru Sekumpul.Foto-apahabar.com/Reza Rifani

bakabar.com, MARTAPURA - Sejak wafatnya Abah Guru Sekumpul -KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani- hampir 14 tahun yang lalu, makam beliau selalu dipadati para peziarah. Tentu saja itu menjadi berkah tersendiri para pedagang yang ada di sekitar kubah. Nah, oleh-oleh apa yang banyak dicari para peziarah?

Penjaga Toko Al Najib, Muhammad Atillah menuturkan oleh-oleh yang palin diminati para peziarah adalah olahan dari kayu kaukah atau disebut juga dengan fuqah.

Baca Juga: 40 Unit Toko Digratiskan untuk Haul Sekumpul, Catat Alamatnya

“Biasanya pengunjung yang banyak membeli gelang maupun tasbih yang terbuat dari pukah, gelang pukah yang ada di sini(Sekumpul) menjadi salah satu ciri khas, karena memang di buat langsung di Martapura,” ujarnya.

Penjaga toko lainnya, Hambli menyebutkan hal yang sama. Para peziarah yang datang kerap memilih barang olahan dari kayu kaukah sebagai buah tangan.

Baca Juga: Haul Sekumpul Steril dari Politik, Ini Penegasan Imam Mushalla Ar Raudah

“Pengunjung biasanya mencari gelang dan tasbih yang terbuat dari kaukah. Biasanya untuk dipakai sendiri dan di jadikan oleh-oleh,” jelasnya.

Baca Juga: Disperindag Banjar Siap Tampung Ratusan Jemaah Haul Sekumpul, Lihat Alamatnya

Sementara di toko Al Zahra Sekumpul, diakui Akhmad -seorang penjaganya- mengungkapkan, semua barang yang dijual di tokonya diminati banyak orang. Namun yang paling banyak diminati menurutnya adalah busana muslim yang memang menjadi produk andalan Al Zahra.

“Pengunjung biasanya mencari produk asli buatan Al Zahra seperti baju, peci, sarung dan yang lainnya” ungkap Akhmad.

Baca Juga: Stadion Demang Lehman Siap Tampung Ribuan Jemaah Haul Sekumpul

Reporter: Reza Rifani
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner