Tak Berkategori

Mengapa Food Court Selalu Menempati Lantai Paling Atas Mal?

apahabar.com, BANJARMASIN – Saat sedang berbelanja di mall atau pusat perbelanjaan dan perut tiba-tiba merasa lapar,…

Featured-Image
Ilustrasi tempatmakan. Foto – net

bakabar.com, BANJARMASIN – Saat sedang berbelanja di mall atau pusat perbelanjaan dan perut tiba-tiba merasa lapar, salah satu tempat yang sering dituju adalahfood court. Selain harganya cenderung lebih miring ketimbang restoran pada umumnya, menu makanan yang disajikan pun sangat beragam.

Food courtmerupakan sebuah area yang dipenuhi dengan gerai-gerai penjual makanan. Secara garis besar, konsep darifood courthampir mirip seperti kantin atau kafetaria yang ada di sekolah-sekolah.Nah,penerapan konsepfood courtini paling sering ditemukan di pusat perbelanjaan atau mal.

Pernahkah kamu bertanya, mengapa kebanyakanfood courtberada di lantai paling atas sebuah mal? Keberadaannya pun jarang disejajarkan bersamaoutletyang menjual baju, sepatu, atau barang lainnya.

Lokasi penempatan tersebut tak ditentukan sembarangan, tapi ada alasan khusus di baliknya,lho!DilansirTimes of India, inilah lima alasan mengapa sebagian besar areafood courtberada di lantai paling atas mal:

  1. Luas ruangan

Areafood courtharus menempati sebuah ruangan yang berukuran luas. Terang saja, tiap gerai makanan memerlukan meja pajangan yang harus punya area inventaris dan dapur yang cukup lega. Untuk itu,food courtmembutuhkan satu lantai khusus untuk banyak gerai makanannya.

  1. Mencegah distraksi

Menurut ilmu perilaku manusia, makanan menjadi salah satu hal yang dapat mengganggu fokus pikiran kita. Bilafood courtditempatkan di lantai bawah mall bersama denganoutletlainnya, orang-orang akan terdistraksi dan tak bisa berkonsentrasi untuk berbelanja di toko, sehingga menurunkan intensitas belanja para pengunjung.

  1. Strategi marketing

Penentuan lokasi sebuahoutletmungkin akan mempengaruhi citra dari jenamanya. Namun, hal itu tak berlaku bagifood court. Penempatanfood courtdi lantai atas justru merupakan strategi marketing yang didasarkan pada perilaku manusia. Saat menuju ke atas sana, tentu pengunjung akan kehilangan energi, sehingga membuatnya semakin lapar.

  1. Menjaga estetika ruangan

Seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya,food courtbiasanya berokasi di bagian paling mall karena membutuhkan area yang cukup luas. Area makan tersebut memerlukan tempat untuk penyimpanan barang, dapur memasak, serta ventilasi. Bisa dibayangkan betapa ruwet dan penuhnya ruangan tersebut bilafood courtdisatukan dengan gerai belanja lainnya, bukan?

  1. Lebih aman

Dapur menjadi salah satu tempat yang paling riskan terjadi kebakaran. Penempatan puluhan gerai makanan yang tergabung dalamfood courtdi lantai paling atas dapat mempermudah proses evakuasi bila ada kebakaran yang terjadi. Selain itu, dengan lokasinya yang berada di lantai paling atas, proses pembuangan limbah asap dari dapurfood courtjuga lebih mudah dilakukan.

Sumber: food.uzone.id
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner