Pemkab Tanah Bumbu

Canggih! PJU di Tanbu Dikendalikan Lewat Aplikasi Android

apahabar.com, BATULICIN – Perkembangan teknologi coba diterapkan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu. Salah satunya penggunaan aplikasi Android…

Featured-Image
PJU Led Smart System yang dipasang di Jalan Lingkar Batulicin. Foto-apahabar.com/Puja Mandela.

bakabar.com, BATULICIN - Perkembangan teknologi coba diterapkan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu. Salah satunya penggunaan aplikasi Android dalam proyek Penerangan Jalan Umum (PJU).

Saat ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tanah Bumbu (PUPR Tanbu) sedang melakukan pemasangan PJU di Jalan Sepunggur – Lingkar Batulicin – Tanah Merah. Uniknya, PJU yang dipasang bukan PJU biasa.

Menurut Kabid Bina Marga Dinas PUPR Tanbu, Hernadi, PJU bernama Led Smart System tersebut dapat dikendalikan dari jarak jauh lewat aplikasi Android.

“Selama ada jaringan seluler, itu bisa kita kendalikan,” kata Hernadi, kepada bakabar.com, Kamis (17/1/2019).

PJU pintar itu, kata Hernadi, baru pertama kali dipasang di Tanbu. Sebelumnya, pihaknya hanya menggunakan jenis PJU konvensional yang cenderung kurang efisien.

Sementara PJU Led Smart System memiliki sejumlah keunggulan dibanding jenis PJU lainnya.

Pertama, jelas Hernadi, PJU Led Smart System lebih efisien karena kecerahannya dapat diatur oleh operator sesuai kebutuhan. Saat senja, misalnya, di mana kebutuhan penerangan belum terlalu tinggi, kecerahan PJU bisa diatur 60 atau 70 persen.

Baca Juga:Segera Pasang PJU di Sungkai dan Pengaron

Setelah maghrib, lanjut Hernadi, saat arus lalu lintas padat, operator bisa mengatur kecerahan maksimal sampai 100 persen. Lalu, pada pukul 22.00 wita ke atas, saat kepadatan arus lalu lintas mulai berkurang, kecerahan PJU bisa dikurangi.

“Itu bisa kita program sesuai kebutuhan,” sebutnya.

Di samping itu, kecanggihan lain dari PJU pintar ini adalah jika ada lampu yang padam atau rusak bisa langsung diketahui oleh operator di bagian pemeliharaan PJU di Dinas PUPR Tanbu.

Pengeluaran biaya dalam sebulan juga dapat diukur dengan mudah. Sebab, persentase pemakaian energi setiap hari sudah diketahui lewat aplikasi Android.

Menurut Hernadi, jika kedepannya Led Smart System sukses digunakan di Bumi Bersujud, tak menutup kemungkinan PJU lain yang akan dipasang untuk menerangi jalanan di Tanbu adalah PJU Led Smart System.

Data dhimpun bakabar.com, proyek pemasangan PJU di Jalan Sepunggur- Lingkar Batulicin- Tanah Merah menelan biaya Rp8.8 miliar dengan sistem multiyears. Pada 2018, Dinas PUPR menganggarkan Rp2.6 miliar, sementara pada 2019 anggarannya Rp6.2 miliar.

“Total PJU yang dipasang ada 422 tiang,” tukas Hernadi.

Baca Juga:Dua Puskesmas Ini Direncanakan Jadi Puskesmas Ramah Anak

Reporter: Puja Mandela
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner