Tak Berkategori

Sampah Ganggu Lalu Lintas Jalur Sungai

apahabar.com, BANJARMASIN – Arus lalu lintas sungai di bawah Jembatan Antasari masih terhambat. Akibatnya, tak sedikit…

Featured-Image
Sampah sungai yang terdiri dari eceng gondong menutup aruh sungai jembatan Antasari. Foto-apahabar.com/Baha

bakabar.com, BANJARMASIN – Arus lalu lintas sungai di bawah Jembatan Antasari masih terhambat. Akibatnya, tak sedikit perahu mesin yang melewati sungai tersebut memutar arah, karena banyaknya sampah yang menutupi jalur Sungai Martapura itu.

Tertutupnya jalur sungai oleh sampah disertai eceng gondong itu pun menghambat pengembangan pariwisata susur sungai, yang gagasan Pemerintah Kota Banjarmasin.

Oleh karena itu, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarmasin, Mokhamad Khuzaimi melarang adanya aktivitas transportasi perahu mesin atau kelotok melintas di salah satu jalur Sungai Martapura.

Apabila memaksa melalui, ia mengimbau pengemudi agar mengedepankan keamanan penumpang dengan menggunakan perahu mesin yang tertutup atau lebih besar.

Baca Juga :Tumpukan Sampah di Sungai Martapura, Pengemudi Perahu Siap Turun Tangan

“Kami melarang penggunaan jalur sungai dibawah jembatan Antasari. Khawatirnya bisa merusak mesin perahu sehingga kandas di tengah tumpukan,” katanya saat ditemui, Senin (10/12/2018).

Penghentian transportasi tersebut, katanya sampai kondisi jalur air tersebut dinyatakan sudah bersih dari tumpukan sampah. Beruntungnya sampah kiriman dari hulu sungai Martapura, tidak menimbulkan kerusakan terhadap bagian perahu.

Namun kejadian yang berlangsung selama dua hari, dipastikan 5 buah perahu belum bisa beroperasi lantaran kondisi tumpukan sampah. “Saya menerima keluhan juragan kelotok terkait kondisi tersebut,” ucapnya.

Ia mengatakan tumpukan sampah sungai selalu terjadi setiap tahun saat musim hujan. Pandangan mata pun menjadi terganggu melihat kondisi sampah.

Baca Juga :Semangati Pegawai, Kejari Sasar Tiga Instansi di Banjabaru

Reporter : Bahaudin Qusairi

Editor : Aprianoor



Komentar
Banner
Banner