Tak Berkategori

Ketua PWI Kalsel: Wartawan Patuh pada Kode Etik

apahabar.com,BANJARMASIN- Percepatan arus informasi menuntut wartawan mesti lebih kreatif dan bekerja ekstra cepat, terlebih untuk media…

Featured-Image
Peserta dengan serius mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan PWI Kalsel. apahabar.com/Tania

bakabar.com,BANJARMASIN- Percepatan arus informasi menuntut wartawan mesti lebih kreatif dan bekerja ekstra cepat, terlebih untuk media online.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan (Kalsel), Zainal Helmi memandang, yang terlihat sekarang ialah persiangan media online dan media sosial.

Jauh berbeda, ketika media sosial unggul dalam penyebaran informasi namun informasi yang diberikan melanggar kode etik jurnalistik, atau tak akurat.

“Dan tidak ada badan hukum yang melindungi, Bisa melanggar UU ITE karena tidak ada payung hukum,” jelasnya di sela Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI di Kalsel, Sabtu (15/12).

Helmi berharap wartawan mesti paham bagaimana cara bersaing dengan media sosial, yakni dengan memberikan informasi yang akurat kepada publik.

“Karena media sosial menyajikan informasi yang sangat cepat, namun tidak seakurat media online, dan juga kadang melanggar kode etik. Ini sangat berbahaya,” tambah Helmi lagi.

img

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan (Kalsel), Zainal Helmi. bakabar.com/Tania

Baca Juga :Puluhan Jurnalis Kalsel Ikuti UKW

Menjadi tantangan tersendiri untuk wartawan media online, di samping dituntut kreatif dan tangkas, juga harus mengikuti kode etik jurnalistik.

“Nah untuk wartawan, jangan hanya bisa menulis dan membuat berita, untuk persaingan era digital, wartawan juga harus kreatif dan tangkas ditambah harus mematuhi kode etik jurnalistik,” tegasnya.

Keunggulan dari media online dibanding dengan media sosial, apabila ada pelanggaran etik, maka pihak berwenang seperti kepolisian mesti lebih dulu berkonsultasi lewat Dewan Pers, mengacu nota kesepahaman antara Dewan Pers dengan Polri.

Baca Juga :Mulai Jawa hingga Cina, Meriahkan Festival Jukung Banjarmasin

Reporter: Tania AnggrainyEditor: Fariz



Komentar
Banner
Banner