Pemkot Banjarmasin

World Cancer Day di Banjarmasin Diwarnai Gelaran Dekrashow Pertama di 2024

Pemkot Banjarmasin menggelar Dekrashow 1 di awal tahun 2024.

Featured-Image
Dekrashow 1 digelar untuk mewarnai peringatan World Cancer Day di Banjarmasin. Foto: Humas Pemkot Banjarmasin

bakabar.com, BANJARMASIN - Pemkot Banjarmasin menggelar Dekrashow 1 di awal tahun 2024.

Dibuka pada Jumat (23/2) malam, Dekrashow 1 ini turut digelar dalam rangka meramaikan agenda peringatan World Cancer Day di Indonesia, yang mana Kota Banjarmasin ditunjuk sebagai tuan rumahnya.

Ada hal yang menarik di Dekrashow pertama yang digelar di Loby Balai Kota Banjarmasin ini. Pertunjulan catwalk busana sasirangan dilakukan jajaran kepala SKPD di lingkup Pemkot Banjarmasin.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina didampingi sang istri yang juga Ketua Dekranasda Banjarmasin, Siti Wasilah turut memeragakan busana sasirangan di Dekrashow 1. Foto: Humas Pemkot Banjarmasin
Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina didampingi sang istri yang juga Ketua Dekranasda dan Ketua YKI Banjarmasin, Siti Wasilah turut memeragakan busana sasirangan di Dekrashow 1. Foto: Humas Pemkot Banjarmasin

Tak hanya itu, catwalk juga diikuti para pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Pusat dan Ketua Cabang YKI Kabupaten dan Kota se-Indonesia.

"Dekrashow 1 ini dirangkai bersama peringatan hari kanker sedunia. Dekrashow kita gelar sebanyak 4 kali dalam setahun. Ini gelaran pembuka," ungkap Siti Wasilah selaku Ketua Dekranasda Banjarmasin dan Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Banjarmasin.

Dalam gelaran Dekrashow, ditampilkan busana sasirangan hasil rancangan desainer-desainer muda di Banjarmasin.

"Gelaran dekrashow ini, menjadi sarana bagi para desainer muda, yang telah melewati beberapa kurasi untuk menampilkan karyanya," ujar Wasilah.

"Ini juga upaya untuk semakin mendorong kain sasirangan bisa sejajar dengan wastra nusantara lainnya," imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menyambut baik gelaran World Cancer Day yang digelar dengan berbagai macam kegiatan, mulai dari seminar hingga jalan sehat yang diikuti lebih dari 2000 masyarakat Banjarmasin.

"Saya dengar ini kegiatan YKI terbesar di Indonesia yang dilaksanakan di Banjarmasin," katanya.

Orang nomor 1 di Kota Banjarmasin itu berharap, kegiatan ini juga menjadi pemicu peningkatan ekonomi kreatif di Kota Banjarmasin.

Dalam gelaran ini, hasil rancangan dari para desainer muda dari Kota Banjarmasin akan dilelang dan hasilnya didonasikan kepada para penyintas kanker.

Editor
Komentar
Banner
Banner