Kalsel

Waspada! Warga Positif DBD di Banjarbaru Bertambah

apahabar.com, BANJARBARU – Menginjak pekan ketiga, jumlah warga terserang Demam Berdarah Dengue (DBD) di Banjarbaru bertambah….

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-jombangtimes

bakabar.com, BANJARBARU – Menginjak pekan ketiga, jumlah warga terserang Demam Berdarah Dengue (DBD) di Banjarbaru bertambah. Dari sebelumnya yang hanya 2 orang, kini menjadi 4 orang.

img

Kepala dinas kesehatan kota Banjarbaru, Rizana Mirza. Foto-bakabar.com/Nurul Mufida

“Ya, yang positif DBD sekarang bertambah jadi 4 orang,” ujar Kepala dinas kesehatan kota Banjarbaru, Rizana Mirza kepadabakabar.com, Kamis (23/1) pagi.

Kedua orang tersebut merupakan warga Banjarbaru Utara dan Liang Anggang.

“Keduanya terserang di minggu ketiga ini, dan sudah dinyatakan positif DBD,” terangnya.

Selanjutnya, Dinkes Banjarbaru bekerjasama dengan puskesmas setempat untuk melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) ke lapangan.

“Ya, tentunya akan dilakukan PE disekitar rumah warga yang terserang. Sesuai SOP yang ada akan dilakukan PE. Dilakukan oleh Puskesmas yang bersangkutan dengan selalu berkoordinasi dengan dinkes Banjarbaru,” jelas Rizana.

Seperti diketahui, PE sendiri merupakan kegiatan yang bertujuan mengatasi masalah kesehatan, contohnya menanggulangi penyakit menular yang sedang terjadi di masyarakat, yang berpotensi menimbulkan Kejadian Luar Biasa (KLB).

“PE dilakukan dengan menyisir area 100 Meter kiri kanan dan muka belakang dari rumah penderita DBD,” terang Rizana.

Hal itu dilakukan untuk melihat apakah ada jentik nyamuk dan apakah juga ada orang disekitar yang mengalami demam dan hal lainnya.

Sementara itu, Rizana juga mengomentari kabar yang beredar, yakni di salah satu rumah sakit di Banjarbaru telah menampung 8 orang pasien terserang DBD.

“Tentang 8 orang itu masih diduga DBD. Kalau sudah melalui pemeriksaan menyeluruh termasuk pemeriksaan laboratorium, baru bisa dinyatakan positif DBD,” paparnya.

Dinas kesehatan kota Banjarbaru sampai saat ini masih menunggu hasil pemeriksaan terakhir. “Nanti kami cek lagi ke RS tersebut bagaimana hasil pemeriksaan terakhir yang bersangkutan,” ungkapnya.

Rizana mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar melakukan kegiatan kebersihan lingkungan dalam rangka Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) atau 3 M Plus.

Baca Juga: Event Startup Weekend, Bang Dhin Jadi Juri

Baca Juga: Mau Punya Momongan? Ikuti Bedah Buku 'Mimpi yang Sempurna'

Baca Juga:Imbas Pemadaman Listrik, KNPI Minta PT PLN Sediakan Genset untuk Tempat Ibadah

Baca Juga: Dapat Promosi Jabatan di Tingkat Pusat, Kepala Basarnas Banjarmasin Resmi Berganti

Reporter: Nurul MufidahEditor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner