Tak Berkategori

Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem di Kalsel Hari Ini

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta agar waspada atas potensi cuaca ekstrem…

Featured-Image
Infografis Cuaca. Foto-apahabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta agar waspada atas potensi cuaca ekstrem di wilayah Kalsel hari ini.

Terutama untuk tujuh kab/kota yang bakal mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Antara lain Banjarbaru, Banjarmasin, Batulicin (Tanah Bumbu), Kotabaru, Marabahan (Barito Kuala), Martapura (Banjar), dan Rantau (Tapin).

Potensi itu sebagian besar terlihat pada siang dan sore hari. Curah hujan cukup tinggi, bahkan kekencangan angin hingga kecepatan 19 m/jam.

Kendati demikian potensi hujan juga kemungkinan terjadi pada pagi hari. Namun hanya untuk beberapa wilayah dari tujuh kab/kota tersebut.

Untuk suhu udara relatif normal. Yakni ada pada kisaran 24-33 derajat celcius. Sedangkan tingkat kelembaban antara 60-95 persen.

“Waspada potensi hujang sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kab. Banjar, Barito Kuala, Tapin, Kotabaru, Tanah Bumbu, Kota Banjarmasin, Banjarbaru dan sekitarnya,” demikian peringatan dini BMKG terkait cuaca Kalsel, hari ini.

Terlepas dari tujuh wilayah tersebut, potensi hujan juga akan terjadi hampir diseluruh kab/kota di Kalsel di siang hari.

Seperti Amuntai, Barabai, Kandangan, Paringin, Pelaihari, dan Tanjung. Hanya saja tingkat curah hujannya relatif kecil.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner