Kalsel

Warna Peta Kewaspadaan Covid-19 Banjarbaru Berubah-ubah

apahabar.com, BANJARBARU – Berpatokan pada periode inkubasi terpanjang yakni selama 14 hari, warna peta kewaspadaan Covid-19…

Featured-Image
Ilustrasi peta kewaspadaan Covid-19 Banjarbaru. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARBARU – Berpatokan pada periode inkubasi terpanjang yakni selama 14 hari, warna peta kewaspadaan Covid-19 Banjarbaru berubah-ubah.

“Jadi sebenarnya ini inovasi pribadi, karena kita tidak mungkin bikin peta zonasi untuk kecamatan dan kelurahan,” ujar Koordinator Surveilen Covid-19 Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, Edi Sampana saat ditemui bakabar.com Rabu (07/10/2020).

img

Koordinator Surveilen Covid-19 Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, Edi Sampana saat ditemui bakabar.com Rabu (7/10/2020). Foto-bakabar.com/Nurul Mufidah

Sebab, kata Edi untuk membuat peta zonasi Covid-19 itu analisisnya hanya sampai kabupaten/kota.

Ada 14 indikator untuk menyusun peta zonasi tersebut. Termasuk data rumah sakit.

Karena itu Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru tidak bisa membuat peta zonasi Covid-19 per kelurahan/kecamatan.

“Jadi kami bikin peta kewaspadaan, peta itu warnanya berubah setiap hari, ada 3 warna yang dipakai; hijau, kuning dan merah,” kata Edi Sampana.

Dijelaskan Edi Sampana, apabila disuatu kelurahan atau kecamatan diwarnai merah berarti warga di wilayah itu harus waspada.

Warna peta kewaspadaan dibuat berdasarkan data kasus per 14 hari sebelumnya.

Jika selama dua pekan itu ada peningkatan, maka peta kewaspadaan Covid-19 Banjarbaru akan menjadi merah.Sebaliknya jika dua pekan berikutnya ada penurunan, maka warnanya kuning.

“Tetapi kalau misalnya tidak ada kasus atau nol maka warna hijau,” ungkap Edi Sempana.

Sedangkan untuk warna zonasi Kota Banjarbaru sendiri disebutnya berwarna kuning. Yang artinya terdapat beberapa kasus Covid-19 dengan beberapa penularan lokal.

“Kota Banjarbaru, kuning statusnya. Itu menurut data dari BNPB, data yang dikeluarkan per 2 minggu sekali,” pungkas Edi Sempana.

Untuk diketahui, berdasarkan peta kewaspadaan Covid-19 Kota Banjarbaru per Selasa (6/10/2020), dari lima kecamatan di Kota Banjarbaru, dua di antaranya berwarna merah.

Masing-masing yakni Kecamatan Cempaka dan Banjarbaru Utara.

Sedangkan tiga sisanya berwarna kuning yaitu Kecamatan Liang Anggang, Landasan Ulin dan Banjarbaru Selatan.

Komentar
Banner
Banner