Kalsel

Warisan Negara Dipa, Barikin Digadang Jadi Kiblat Seni dan Budaya

apahabar.com, BARABAI – Melihat berbagai prestasi pelaku seni di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) belakangan ini,…

Featured-Image
Tamzil menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba madihin di Barabai pada April 2019 lalu. Foto-Masrus for apahabar.com

bakabar.com, BARABAI – Melihat berbagai prestasi pelaku seni di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) belakangan ini, Sekda, HA Tamzil menyambut bangga.

Pada Event Konser Karawitan Anak Nasional beberapa waktu lalu, para seniman cilik HST berhasil meraih juara. Kemudian pada Gelar Tari Remaja Nasional Juli lalu, penari HST mewakili Kalsel bersaing dengan penari dari seluruh provinsi di Indonesia.

Ke depan, di ajang FLS2N, September 2019 nanti, seniman HST juga mewakili Kalsel untuk lomba di tingkat Nasional yang berlangsung di Lampung yaitu, teater, gitar solo, dan seni kriya.

"Masyarakat HST patut berbangga karena para seniman HST bisa mengangkat marwah daerah dengan menjuarai berbagai event di tingkat Provinsi Kalsel sehingga bisa mewakili ke event yang lebih tinggi yaitu ke tingkat nasional,” kata Tamzil yang juga Ketua Umum Dewan Kesenian HST,belum lama tadi.

Perkembangan seni di HST pun mulai menjadi pusat perhatian. Di beberapa ajang tingkat Provinsi Kalsel, seniman asal Desa Barikin selalu diundang sebagai bintang tamu di berbagai pagelaran seni dan budaya.

Ditambah juga dari bidang seni religi yang baru-baru ini diundang langsung oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, untuk menampilkan syair maulid habsy pada puncak peringatan hari jadi Kalsel ke-69.

Begitu pula pada seni beladiri tradisional kuntau yang ikut memeriahkan ajang festival kayutangi di Banjarmasin pada Harjad ke 69 Kalsel.

"Melihat berbagai prestasi di bidang seni dalam beberapa bulan ini, saya sangat berbangga dan mengapresiasi kepada para seniman HST atas pencapaian tersebut yang tentunya turut mengharumkan Bumi Murakata," kata Tamzil

Tak hanya itu, para sastrawan HST juga berjaya dengan beberapa kali menjuarai lomba cipta puisi di tingkat provinsi Kalsel. Bahkan bulan depan nanti, salah satu sastrawan akan mengikuti event tingkat nasional di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Selama menakhodai DKK, Tamzil yang dikenal humoris, mengatakan dia bersama para seniman lainnya siap mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai budaya dan kesenian yang merupakan warisan leluhur di Bumi Murakata lebih dikenal lagi.

Karena Desa Barikin merupakan ujung tombak seni dan budaya warisan dari Negara Dipa, Tamzil berharap menjadi kiblat seni dan budaya di Kalsel.

“Ini modal bagi kita semua. Bahu-membahu memberdayakan setiap potensi yang dimiliki untuk menyikapi upaya kita dalam pelestarian seni dan budaya khususnya di HST agar lebih maju dan berkembang lagi,” seru Tamzil.

Baca Juga: HUT Ke-74 RI, Ratusan Kader PDIP Kalsel Kenang Perjuangan Bung Karno

Baca Juga: Tuntaskan Tugas, Anggota Paskibara Balangan Teteskan Air Mata

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner