Kalsel

Warganet Desak Polisi Usut Akun IG @Riskii25 Penghina Guru Sekumpul dan 4 Ulama Besar Kalimantan di Medsos

apahabar.com, MARTAPURA – Ternyata tidak hanya Guru Sekumpul atau Syekh KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani…

Featured-Image
Foto salah satu unggahan ujaran kebencian terhadap Abah Guru Sekumpul di akun instagram @riskii125. Foto-Instagram

bakabar.com, MARTAPURA – Ternyata tidak hanya Guru Sekumpul atau Syekh KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani yang jadi sasaran ujaran kebencian Riski Aulia Raja di media sosial instagram lewat akun IG @riskii25.

Selain Guru Sekumpul, empat ulama besar Kalimantan almarhum Guru Bakhri, almarhum Guru Juhdi, Guru Bakhiet dan Guru Udin Samarinda juga dihina Riski Aulia Raja lewat akun IG @riskii25.

Postingan tak pantas yang dilakukan Riski Aulia Raja lewat instagramnya kepada Syekh KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul dan empat ulama besar lain langsung mendapat reaksi netizen.

Kolom komenter akun IG @riskii25 ramai “diserang” warganet.

“Lapor akan hja sdh yg kya ini kda pantas bnr,” tulis akun @andaisiapa.

“TOLONG DIUSUT PAK,” tulis akun @hendrahitrix167 mentag instagram @humaspolresbanjar @polres_banjarbaru, dan @humas_polresta_bjm.

“Ingati pesan guru jangan dilawani bila ada yg mehina sidin, doakan yg baik baik ja pun,” timpal akun @mhmmadrafii18.

Akun penyebar ujaran kebencian itu belum diketahui apakah real akun atau fake. Sebagian warganet pun meyakini akun yang digunakan merupakan akun kloningan dengan memasang foto orang lain.

Jajaran Polres Banjar masih belum menerima pengaduan warga terkait penghinaan yang dilakukan Rizki Aulia Raja, namun penyidik Polres Banjar juga bergerak melakukan penyelidikan untuk mengusut kasus ujaran kebencian itu.

Melalui akun instagramnya @riskii125, Riski Aulia Raja mengunggah dan menshare foto-foto Guru Sekumpul lalu menghinanya dengan ungkapan kotor.

Berdasarkan penelusuran media ini, Minggu (6/9) dinihari, terlihat dari unggahannya di akun @riskii125, Riski Aulia Raja mengunggah ujaran kebencian di berandanya sejak beberapa jam yang lalu. Akun juga tidak diprivat.

Dalam salah satu unggahan Riski Aulia Raja di @riskii125, tampak foto selfie posisi rebahan mata ke atas dan menjulurkan lidah, dengan caption “fuck buat abah guru sekuntul.”

Tak hanya di beranda, ig story Riski Aulia Raja di @riskii125 dipenuhi ujaran kebencian dengan kalimat tidak pantas. Terhitung 35 unggahan insta story ujaran kebencian.

8 Tahun Penjara

Ujaran kebencian kepada Guru Sekumpul di media sosial ini bukan kali pertama terjadi.

Tahun lalu, Muhammad Sodikin (22), terpaksa berurusan dengan polisi hingga berlanjut di pengadilan. Ia didakwa menebar kebencian dan penghinaan terhadap ulama.

Ia kemudian divonis 8 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Banjarmasin, dalam persidangan, Kamis (25/4/2019).

Ia terbukti melanggar Pasal 35 jo Pasal 51 ayat (1) UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang telah diubah dengan UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE.

img

Salah satu pelaku pembuat akun palsu yang menghina Guru Sekumpul dan Polda Kalsel yang menjalani sidang perdana pada 2018. Foto-bakabar.com/Eddy Andriyanto

HALAMAN
12
Komentar
Banner
Banner