Investasi Emas Perhiasan

Warga Panik Toko Emas Tutup, CELIOS: Emas Perhiasan Banyak Kelemahan

Beredar sebuah video di media sosial yang kemudian viral tentang Toko Emas Berkah di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, yang dikabarkan tutup.

Featured-Image
Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira. Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA - Beredar sebuah video di media sosial yang kemudian viral tentang Toko Emas Berkah di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, yang dikabarkan tutup. Tutupnya toko emas itu membuat warga panik karena khawatir harga jual perhiasan yang dimiliki akan turun jika dijual di toko emas lain.

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengingatkan tentang dampak dari investasi emas perhiasan. Menurutnya, berinvestasi emas perhiasan merupakan pilihan yang kurang tepat karena memiliki banyak kelemahan.

"Pertama harga pembelian kembali (buyback) yang rendah," ujar Bhima kepada bakabar.com, Kamis (8/6).

Hal itu, kata Bhima, kerap terjadi. Toko emas akan menerapkan potongan harga terhadap emas perhiasan yang dijual kembali. Bahkan, ketika emas perhiasan itu, pembelian awalnya tidak berasal dari toko emas tersebut, potongan harga bisa dipastikan lebih tinggi.

Baca Juga: Detail Lengkap Aksi Pembobolan Toko Emas di Banjarmasin

Hal lainnya, potongan harga terjadi karena kualitas ataupun kadar kemurnian emas perhiasan yang dijual kembali selalu berbeda-beda. 

"Toko emas akan meminta potongan dengan beragam alasan, salah satunya kualitas emas perhiasan dan kadar kemurnian nya berbeda-beda," ujar Bhima.

Bahkan, meskipun emas perhiasan memiliki kadar 24 karat, kata Bhima, namun karena sering digunakan, selalu ada risiko penuruan nilai. Penurunan nilai akan mempengaruhi kualitas emas yang dijual kembali.

Sementara terkait dengan toko emas tempat pembelian awal emas perhiasan kemungkinan tutup, Bhima mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik. Pasalnya, selama emas yang dibeli memiliki karat yang tinggi, seharusnya masih bisa di jual di toko emas lainnya.

Baca Juga: Harga Emas Antam Turun Rp5.000 per Gram Hari Ini

Hanya saja, perlu diketahui, masing-masing toko emas memiliki kebijakan sendiri-sendiri terkait buyback emas. "Tetap ada kerugian dari sisi konsumen karena perbedaan harga pembelian kembali dan beberapa jenis potongan," terangnya.

Sebelumnya, warga ramai mendatangi Toko Emas Berkah. Warga bahkan menyambangi rumah sang pemilik toko emas tersebut. Mereka kebingungan tentang nasib emas perhiasan yang sudah dibeli jika toko emas tersebut tutup permanen.

“Warga Kabupaten Pemalang dan sekitarnya tengah digegerkan kabar bangkrutnya Toko Emas Berkah. Para konsumen toko emas ternama di Pantura itu kebingungan. Rumah pemilik toko pun jadi sasaran mereka,” tulis keterangan postingan di akun tiktok @arena.fakta

Editor
Komentar
Banner
Banner