Kalsel

Wahyu Bangga Desa Batulicin Irigasi Ikut Peringati Detik-Detik Proklamasi

apahabar.com, BATULICIN – Selama ini tak banyak desa di Indonesia yang memperingati prosesi detik-detik proklamasi kemerdekaan…

Featured-Image
Suasana peringatan Hari Kemerdekaan RI di Desa Batulicin Irigasi, Sabtu kemarin. Foto-Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Selama ini tak banyak desa di Indonesia yang memperingati prosesi detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, termasuk pada peringatan hari kemerdekaan ke-74 tahun ini.

Desa Batulicin Irigasi Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu menjadi satu dari segelintir desa yang ikut memperingati detik-detik proklamasi itu.

“Jelas ada kebanggan bagi kami. Sebab biasanya prosesi peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan hanya dilaksanakan instansi pemerintah tingkat pusat, sampai kecamatan saja. Kalau pun di luar itu, biasanya peringatan dilakukan oleh lembaga swasta tertentu,” sebut Ketua Karang Taruna Angkatan Muda Batulicin Irigasi, Wahyu Santoso, kepada bakabar.com, Senin (19/08).

Meski dilaksanakan di desa dan hanya melibatkan masyarakat setempat, tetapi suasana khidmat tetap terasa ketika detik-detik peringatan proklamasi RI ke-74 itu berlangsung. Antusiasme warga untuk mengikuti prosesi itu juga sangat besar.

Wahyu menceritakan awalnya ide itu muncul dari beberapa anggota karang taruna Desa Batulicin Irigasi. Ide itu kemudian disampaikan kembali kepada kepala desa.

Bertindak sebagai komandan upacara pada momen tersebut yakni Kepala Dusun 1, Erwanto, pembaca teks proklamasi adalah Kepala BPD, Sunarjo, lalu pengibar bendera dari unsur karang taruna.

Pembaca doa adalah Supriyanto yang juga anggota BPD, paduan suara dari ibu-ibu PKK setempat. Sedangkan yang bertugas menjadi Inspektur upacara adalah Kepala Desa Batulicin Irigasi, Supriyadi.

Untuk lebih memeriahkan kegiatan itu, pihak desa juga membuat sayembara. Bagi RT yang warganya paling banyak hadir dan menggunakan pakaian menarik serta seragam, berhak mendapatkan door prize.

Dari penilaian pihak desa, akhirnya dari 10 RT yang ada di lingkungan Desa Batulicin Irigasi RT 03 berhasil menjadi pemenangnya.

Usai pelaksanaan detik-detik proklamasi, selanjutnya warga mengikuti gerak jalan santai dan beberapa lomba permainan tradisional antar dusun. Pada malam harinya digelar kesenian tradisional kuda lumping.

Baca Juga:Pemkab Tanbu Peringati Hari KemerdekaanRI ke-74

Baca Juga:Refleksi HUT RI ke-74, Pemuda di Tengah Serangan Budaya Asing

Baca Juga:Meriahkan HUT RI ke-74, Polres Tapin Gelar Aneka Lomba

Reporter: Puja Mandela
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner