Pemprov Kalsel

Wagub Kalsel: Dekranasda Harus Inovatif

apahabar.com, BANJARMASIN – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalsel diminta harus mampu inovatif dan beradaptasi dengan…

Featured-Image
Wagub Kalsel H Muhiddin ingatkan Dekranasda Kalsel harus inovatif ikuti perkembangan zaman. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalsel diminta harus mampu inovatif dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi saat ini.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Kalsel H Muhidin dalam sambutan tertulis Gubernur Sahbirin Noor saat pembukaan Rakerda Dekranasda se-Kalsel sekaligus Syukuran HUT ke-42 di Gedung Dekranasda, Rabu (16/3).

Dalam sambutan itu, Muhidin menyebut, Dekranasda Kalsel sebaiknya mampu beradaptasi dengan berbagai kemajuan zaman.

Seperti upaya untuk mengelola market place kerajinan Kalsel melalui pasar-pasar online baik yang difasilitasi pemerintah maupun pihak swasta.

Hal itu agar produk yang dihasilkan mampu dipasarkan tidak hanya di pasar domestik, tetapi juga merambah ke pasar dunia.

“Seluruh pengurus Dekranasda Kalsel harus memiliki komitmen untuk meningkatkan perekonomian daerah. Dekranasda Kalsel harus mampu tampil sebagai agen perubahan dalam perkembangan industri kerajinan Kalsel," katanya.

Ia menambahkan, keunggulan Dekranasda Kalsel dalam jaringan dengan industri-industri kerajinan serta mitra kerja yang dimiliki di 13 kabupaten/kota, harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Demi majunya industri kerajinan serta dapat membangun inovatif dan mampu memanfaatkan teknologi informasi.

"Dekranasda semakin membangun jaringan yang kuat serta mengedepankan kolaborasi terhadap perkembangan kerajinan Kalsel dan dapat mengakomodir kepentingan serta keunggulan yang dimiliki pengrajin Kalsel agar mampu bangkit di tengah kondisi pandemi seperti saat ini," ucapnya.

Melalui rapat kerja daerah, ia berharap segala tantangan pengembangan kerajinan Kalsel dapat solusi. Agar ada peningkatan kesejahteraan.

Wakil Ketua Dekranasda Kalsel, Fathul Jannah Muhidin berharap, di usia ke-42 ini harus dijadikan momentum dalam mendorong kreatifitas dan semangat para pengrajin atau pelaku UMKM di Banua agar terus berkarya.

Kemudian Dekranasda Kalsel diharapkan bisa lebih mengenalkan produk-produk di daerah ke pasar milenial.

"Dengan HUT Dekranas ke-42 ini kita harus betul-betul dalam memberikan pemikiran serta menyusun rencana kerja yang menyentuh masyarakat, khususnya untuk mengangkat harkat dan martabat para perajin lokal kita di bidang produk-produk unggulan khas daerah. Khususnya bagi generasi milenial agar lebih mengenal dan mencintai produk daerah kita," kata Fathul Jannah.

Gubernur Kalsel Sebut Datu Kelampayan Layak Bergelar Pahlawan Nasional



Komentar
Banner
Banner