Kalsel

Waduh, Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin Ditunda Hingga Akhir Januari

apahabar.com, BANJARMASIN – Sekolah tatap muka di Banjarmasin kembali ditunda. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin,…

Featured-Image
Ilustrasi sekolah tatap muka. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN - Sekolah tatap muka di Banjarmasin kembali ditunda. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto, angkat bicara terkait penundaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini sesuai dengan instruksi Wali Kota Banjarmasin, pihaknya pun memutuskan untuk menunda PTM hingga akhir Januari mendatang.

“Bukan ditiadakan, tapi ditunda,” tegasnya.

Totok menjelaskan, sementara PTM ditunda, pihaknya akan mengevaluasi serta mengecek lebih jauh sampai mana persiapan-persiapan sekolah dalam menyambut PTM nantinya.

Sebelumnya tertanggal 11 Januari 2021 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin melalui Disdik setempat memutuskan akan menggelar pembelajaran tatap muka.

Pertama, untuk tingkat SMPN, dengan catatan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Kedua, untuk tingkat SDN. Simulasi tatap muka akan mulai digelar sepekan kemudian, yakni, pada 18 Januari 2021.

Namun sementara, hanya di sepuluh SDN, dan hanya untuk kelas IV, V dan VI saja. Itu, sebagaimana masukan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Totok Agus Daryanto menjelaskan, bahwa kebijakan ini tidak berlaku untuk sekolah atau siswa yang tinggal di kelurahan berstatus zona merah.

“Wilayah tersebut tetap melaksanakan pembelajaran secara daring. Baik sekolah atau siswa yang beralamat di zona merah,” jelasnya.

Totok juga membeberkan sejumlah catatan yang diberikan kepada pihak sekolah yang akan menggelar pembelajaran tatap muka.

Di antaranya yakni pemberian jarak antar siswa satu setengah meter, dan waktu pembelajaran hanya selama empat jam.

Kemudian, selain protokol kesehatan seperti sarana cuci tangan dan menggunakan masker, pihaknya juga meminta agar para guru memperhatikan perilaku siswa selama di sekolah.

“Dan seiring adanya pengetatan, serta antisipasi penularan Covid-19, maka sekali lagi pembelajaran ditunda dulu hingga akhir Januari mendatang,” pungkasnya.

Terseret PSBB Jawa-Bali, Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin Resmi Ditunda

Komentar
Banner
Banner