Kalsel

Update Pilkada Banjar: Selisih 10 Persen, Saidi-Habib Tak Tergoyahkan

apahabar.com, MARTAPURA – Hasil perolehan suara sementara Pilkada Banjar, pasangan calon (Paslon) nomor 01 H Saidi…

Featured-Image
Paslon Pilbup Banjar saat debat terbuka. Foto-Istimewa

bakabar.com, MARTAPURA – Hasil perolehan suara sementara Pilkada Banjar, pasangan calon (Paslon) nomor 01 H Saidi Mansyur-Habib Idrus Al-Habsyie tak tergoyahkan di urutan teratas suara terbanyak.

Hal ini sesuai pantauan rekapitulasi Sirekap KPU di laman pilkada2020.kpu.go.id Senin (14/12) pukul 21.20 Wita.

Persentase perolehan suara Paslon bertagline Manis (Maju, Mandiri, Agamis) itu berasa di angka 48.7 persen dengan total 107.517 suara.

Berada di bawahnya Paslon 03 H Rusli-KH M Fadhlan. Pasangan bertagline Manuntung (Mandiri, Santun, Gotong Royong) ini meraih suara 38.7 persen atau total 85.427 suara.

Di urutan ketiga atau terakhir, adalah Paslon independen 02 Dr Andin Sofyanoor-KH M Syarif Busthomi. Paslon yang mengangkat jargon Banjar Bersinar ini sementata memeperoleh 12.7 persen atau total 28.037 suara.

Rekapitulasi Sirekap tersebut sudah mengumpulkan 75.26 persen aatau 598 TPS dari 1273 TPS se-Kabupaten Banjar.

Data yang ditampilkan pada menu hitung suara adalah data hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK, yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap.

Data tersebut bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara, melainkan sebagai data pendukung KPU. Adapun hasil resmi dari hitungan berjenjang dari tingkat TPS desa hingga kabupaten.

Menanggapi hal ini, Ketua Tim Pemenangan Manis, Pribadi Heru Jaya optimistis Saidi – Habib bakal memenangkan Pilkada Kabupaten Banjar 2020.

Apalagi, jelasnya, timnya sudah mengantongi 100 persen data suara dengan hasil kemenangan selisih sekitar 10 persen dari paslon di bawahnya.

“Tapi tetap kita menunggu hasil resmi dari KPU Banjar. Intinya kita optimisti menang dan tetap mengawal hasil suara hingga akhir,” jelas Heru.

Sekedar diketahui, Paslon 01 Saidi-Habib Idrus maju Pilkada Banjar diusung oleh 3 partai politik, yakni NasDem, Demokrat, dan PKB.

Sementara Paslon 02 Andin-Guru Oton maju melalui jalur perseorangan atau independen. Pasangan ini berhasil mengumpulkan syarat dukungan masyarakat total 40.397 dari jumlah minimal 35.237 dukungan.

Adapun Paslon 03 H Rusli-Guru Fadhlan maju dengan diusung banyak Parpol, yakni Golkar, Gerindra, PPP, PKS, PDI-P, PAN dan Hanura.



Komentar
Banner
Banner