Kalsel

Unik! Ibnu Lutfi ‘Sulap’ Limbah Bambu Jadi Miniatur Kincir Air

apahabar.com, PARINGIN – Pemuda asal Desa Lingsir, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Ibnu Lutfi berhasil mengolah…

Featured-Image
Ibnu Lutfi dan kerajinan tangan dari limbah bambu buatannya.Foto-apahabar.com/agus suhadi

bakabar.com, PARINGIN - Pemuda asal Desa Lingsir, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Ibnu Lutfi berhasil mengolah limbah bambu menjadi kerajinan tangan berkelas, berupa miniatur kincir air untuk hiasan ruangan.

Karya Ibnu Lutfi ini rencananya akan diikutkan pada pameran expo di perayaan HUT Balangan ke-16 dan HUT RI yang ke-74 di Kabupaten Balangan.

"Ada sekitar sepuluh buah miniatur kincir air yang saya buat dalam sebulan ini," ujar Ibnu Lutfi yang berprofesi sebagai petani ini.

Ibnu Lutfi mengaku, kerajinan tersebut berawal dari melihat-lihat video-video di youtube. Hingga terpikir membuat kerajinan tangan dari bambu. Sebab menurutnya, Kota Paringin terkenal dengan ikon bambunya.

"Ya, selain juga hobby," ucapnya.

img

Miniatur Kincir Air Buatan Ibnu Luthfi.Foto-bakabar.com/Agus Suhadi

Sampai saat ini, sambung Ibnu, dia sudah mendapat pemesanan dari Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kabupaten Balangan dan Kantor Kecamatan Paringin Selatan.

"Untuk harga, belum ditentukan karena baru,” tuturnya Ibnu.

Ke depannya, dia berharap, karya yang dibuatnya bisa diterima masyarakat dan menjadi karya khas Balangan dari bambu.

"Semoga para pecinta seni atau pegiat seni bisa lebih diperhatikan pemerintah daerah. Sehingga akan berdampak pada pertumbuhan perekonomian di masyarakat," pungkasnya.

Baca Juga: Ini Uniknya Tradisi Sembelih Hewan Kurban di Masjid Al Jihad Banjarmasin

Reporter: Agus SuhadiEditor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner