Bisnis

UMKM Ingin Branding? Kenali Dulu 5 Komponen Penting di Dalamnya

Sebelum melakukan branding, UMKM perlu memerhatikan komponen penting agar bisa sukses

Featured-Image
CEO Bangun Digdaya, Chrisma Wibowo (kanan). (Foto tangkapan layar)

bakabar.com, JAKARTA – Branding menjadi salah satu teknik yang banyak diterapkan UMKM. Branding perlu dilakukan oleh UMKM untuk mengenalkan karakteristik produk yang ingin dipasarkan. Hal ini bertujuan semakin memperluas pengetahuan konsumen dengan produk UMKM yang ingin diketahui.

CEO Bangun Digdaya, Chrisma Wibowo mengungkapkan pelaku UMKM perlu menerapkan lima komponen penting untuk memulai membangun branding.

“Pertama adalah perhatikan desain konsep dari bisnis yang dikembangkan,” ujarnya dalam UMKM Go Online Virtual Expo 2022 di Jakarta, Senin (10/10).

Chrisma mencontohkan pentingnya penentuan desain konsep dalam membangun bisnis restoran. Desain konsep yang dimaksud seperti pemilihan warna ruangan sampai dengan seluruh perabotannya, harus sesuai dengan konsep yang dipilih.

“Berikutnya, kedua, logo yang menarik dan mudah dikenali,” kata Chrisma.

Banyak pelaku usaha kurang memerhatikan logo. Padahal logo berfungsi untuk memudahkan pelanggan mengingat bisnisnya. Sebab, logo juga memberikan sebuah gambaran tentang brand atau merek produk yang ingin dikenal oleh pelanggan.

Chrisma mencontohkan banyak startup yang memutuskan untuk mengubah logo perusahaannya. Salah satunya logo yang masih berkesan jadul dibuat menajadi lebih minimalis.

“Tujuannya untuk memberikan kesan modern kepada pelanggan dan timnya,” jelas Chrisma.

Ketiga, dalam branding penting untuk mengawasi kualitas produk, tujuannya adalah menjaga loyalitas pelanggan.

Sedangkan yang keempat pemberian nama bisnis atau produk UMKM yang menarik perhatian konsumen. Selain memberikan nama yang menarik, nama bisnis atau produk usaha perlu menggunakan nama yang mudah diingat.

“Terakhir, kelima menetapkan identitas usaha,” tuturnya.

Komponen terakhir yang paling penting adalah menentukan identitas dari bisnis yang sedang dikembangkan. Identitas dinilai penting untuk menentukan bagaimana bisnis pelaku UMKM akan diingat oleh pelanggan.

Chrisma mencontohkan pelaku usaha yang membalas pertanyaan dari pelanggan sebagai langkah awal dalam membentuk identitas.

“jika ingin memberikan identitas kemudahan, maka harus cepat membalas pesan pelanggan untuk membentuknya,” tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner