Sport

Tutup Musim 2023/2024, Barito Putera Bikin Empat Gol ke Gawang Persikabo

Setelah 4 pertandingan puasa kemenangan, Barito Putera mengalahkan Persikabo 1973 dalam pertandingan penutup Liga 1 musim 2023/2024, Senin (29/4) sore.

Featured-Image
Mike Ott mencetak brace dalam pertandingan terakhir Barito Putera di Liga 1 musim 2023/2024 melawan Persikabo, Senin (29/4). Foto: Barito Putera Official

bakabar.com, BANTUL - Setelah 4 pertandingan puasa kemenangan, Barito Putera mengalahkan Persikabo 1973 dalam pertandingan penutup Liga 1 musim 2023/2024, Senin (29/4) sore.

Tetap bermain di Stadion Sultan Agung, Barito Putera tampil agresif di menit-menit awal. Gustavo Tocantins sudah membuat peluang emas di menit 3, ketika bola sepakan pemain 28 tahun ini menyentuh tiang gawang.

Hanya 4 menit berselang, Barito membuka keunggulan. Umpan freekick Mike Ott di kiri lapangan, langsung disundul Bayu Pradana yang berdiri tanpa kawalan di kotak penalti.

Tak sampai menit 10, Laskar Antasari menggandakan skor. Gol diawali blunder kiper Zaenuri Azhar, seusai menerima backpass Eduardo Kau.

Setelah gagal melakukan gocekan, bola berhasil direbut Mike Ott. Selanjutnya gelandang Timnas Filipina ini tinggal mendorong si kulit bundar ke gawang kosong.

Memasuki menit 20, Mike Ott kembali mencetak gol. Mengontrol umpan jauh Bayu Pradana, Ott lalu melepas sepakan akurat di garis depan kotak 16.

Persikabo bukan tanpa peluang. Salah satunya melalui tendangan Myat Kaung Khant di menit 28. Namun upaya ini berhasil dimentahkan kiper Ega Rizky Pramana.

Lalu melalui serangan balik di menit 30, Barito mencetak gol keempat. Dalam posisi empat melawan dua, bola diumpan Ott kepada Gustavo Tocantins yang berdiri bebas di kotak penalti.

Selanjutnya mantan penyerang Persikabo itu melepas sepakan mendatar yang bersarang di kiri gawang Laskar Padjadjaran.

Seusai kebobolan gol keempat, Persikabo langsung melakukan dua pergantian. Roni Sugeng dan Dimas Drajad dimasukkan sebagai pengganti Myat Kaung Khant dan Pedro Augusto Cabral.

Dimas Drajad membuat peluang pertama di menit 43, seusai memanfaatkan kesalahan kontrol Yuswanto Aditya. Namun Ega Rizky masih mampu menahan sepakan penyerang Timnas Indonesia ini.

Akhirnya semenit berselang, Dimas dapat mencetak gol. Bekerja sama dengan Fajar Ramadhan Ginting, Dimas terlepas dari kawalan dan menaklukkan Ega Rizky dari jarak dekat.

Selepas turun minum, Barito memainkan Iqbal Gwijange untuk menggantikan Carli de Murga. Sedangkan Persikabo melakukan penggantian kiper dari Zaenuri Azhar menjadi Diky Indriyana.

Persikabo berusaha memanfaatkan momentum gol tersebut di babak kedua. Namun serangkaian upaya belum mampu menghadirkan gol kedua.

Peluang bagus diperoleh Roni Sugeng di menit 60, mentah di tangan Ega Rizky. Padahal pemain pengganti ini sudah terbebas dan berhadapan satu lawan satu di kotak penalti.

Barito yang tidak seagresif babak pertama, masih mampu mengkreasikan peluang emas. Salah satunya di menit 72 melalui Eksel Runtukahu.

Namun sepakan pencetak 7 gol di musim 2023/2024 tersebut melenceng tipis, seusai menerima through pass Rizky Rizaldi Pora.

Kemudian di menit 78, Rizky Rizaldi Pora mengeksekusi sendiri peluang yang diperoleh, tetapi bola hanya mencium tiang gawang.

Justru di menit 81, Persikabo kembali memperkecil skor. Meneruskan umpan Yandi Munawar di kotak penalti, Dimas Drajad menchip bola melewati adangan Ega Rizky.

Bahkan menjelang injury time, tepatnya menit 89, Pedrinho membawa Persikabo memperkecil skor menjadi menjadi 3-4.

Tidak terkawal di luar kotak penalti, pemain bernama lengkap Pedro Augusto Cabral Carvalho itu melepas sepakan keras akurat.

Hingga injury time 3 menit, skor tidak berubah. Kekalahan ini mengunci posisi Persikabo sebagai juru kunci klasemen Liga 1 dengan 20 poin.

Sedangkan Barito tetap menempati peringkat kesembilan klasemen dengan 46 poin, tetapi rawan digeser Persija Jakarta yang memiliki pertandingan lebih banyak.

Editor


Komentar
Banner
Banner