Pemprov Kalsel

Tuntas, Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2021 Obati Kerinduan Warga Banua

apahabar.com, BANJARMASIN – Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2021 sukses digelar Pemprov memalui Dinas Pariwisata (Dispar)…

Featured-Image
Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2021 berhasil obati kerinduan warga Banua. Foto-apahabar.com/Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2021 sukses digelar Pemprov memalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kalsel, 22-24 Oktober tadi.

Meski digelar terbatas, even budaya tahunan yang dihelat di area Kantor Gubernur Kalsel dan Siring 0 Kilometer Banjarmasin tetap mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

Bahkan event ini dinilai mampu mengobati kerinduan masyarakat akan suguhan wisata budaya.

Atraksi 100 Acil Jukung, mampu memanjakan mata pengunjung di hari pertama. Pada malam harinya, Lomba Perahu Hias menghiasi Sungai Martapura, yang digelar bersamaan dengan Workshop Foto dan Video di area Podcast.

Hari kedua, Lomba Pawai Budaya dan Fashion Carnaval menampilkan berbagai kreativitas para peserta yang dipusatkan di panggung koloseum.

Puncak kegiatan pada Sabtu (23/10) malam, ada pertunjukan Water Show & Laser yang membuat Sungai Martapura semakin semarak.

"Terimakasih pada pemerintah kabupaten/kota yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, serta pihak lainnya yang ikut memeriahkan," kata Kepala Dispar Provinsi Kalsel, M Syarifudin.

Ia berharap, kegiatan ini dapat memberikan harapan ke depan bahwa Kalimantan Selatan bisa berkegiatan yang sama karena sudah lama tidak ada acara-acara kebudayaan akibat pandemi covid-19.

"Ini merupakan tonggak kebangkitan kita dalam melaksanakan kegiatan di bidang pariwisata yang diharapkan juga bisa kembali menggerakkan roda perekonomian Kalimantan Selatan," tutupnya.

Tak hanya lomba-lomba saja, namun sejumlah stand di area Kampung Banjar juga jadi perhatian masyarakat, terutama yang mengenalkan makanan tradisional.

Festival yang sempat ditunda satu tahun akibat pandemi Covid-19 itu nyatanya berhasil menarik perhatian masyarakat. Selain itu, event ini diharapkan dapat menjadi salah satu panduan penyelenggaraan kegiatan wisata dan budaya di Banua.

Salah satu yang menarik perhatian adalah adanya human board atau manusia papan yang berkeliling di area kegiatan untuk mengingatkan pengunjung menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama di lokasi.

Tempat cuci tangan dan pembatasan pengunjung juga menjadi salah satu cara yang efektif untuk menekan risiko penularan virus, apalagi kegiatan digelar di ruang terbuka dengan sirkulasi udara yang baik.

Bahkan untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19 di Kalsel, vaksinasi massal pun juga digelar pada Sabtu (24/10) siang di lobi Kantor Gubernur yang diikuti 150 peserta dari berbagai kalangan, baik yang sudah mendaftar secara daring.

Vaksin yang disediakan pun untuk dua dosis, yakni 50 dosis vaksin pertama yang menggunakan Astrazeneca dan 100 dosis vaksin kedua yang menggunakan Sinovac.

Hal itu juga ditujukan untuk menekan risiko terjadinya penularan virus di area wisata, dan mencegah terbentuknya klaster baru seperti yang dikhawatirkan banyak kalangan.

Pada Minggu (24/10) sore, Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2021 resmi ditutup, setelah pada pagi harinya digelar perlombaan jukung B6.

Berikut daftar pemenang seluruh kategori lomba perlombaan pada Festival Wisata Budaya Pasar Terapung Kalsel:

• Kategori Kampung Banjar

– Juara 1 Kota Banjarbaru
– Juara 2 Kabupaten Tanah Laut
– Juara 3 Kabupaten Balangan
– Juara 4 Kabupaten Kotabaru
– Juara 5 Kabupaten Tabalong
– Juara 6 Kabupaten Hulu Sungai Selatan

• Lomba Kelotok Hias

– Juara 1 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel.
– Juara 2 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalsel.
– Juara 3 Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Selatan

• Kategori Acil Jukung

– Juara 1 Nur Asiah
– Juara 2 Masitah
– Juara 3 Usmah

• Balap Jukung (Jukung B6)

– Juara 1 Tim Raja Banlur 2
– Juara 2 Tim Buaya Kuning
– Juara 3 Tim Laju dan Tim Garuda 01.



Komentar
Banner
Banner