Pemkab Banjar

TP PKK Banjar Tingkatkan Kapasitas Kader

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Banjar kembali menggelar kegiatan peningkatan kapasitas para kadernya.

Featured-Image
TP PKK Banjar menggelar kegiatan peningkatan kapasitas para kadernya. foto-MC Banjar

bakabar.com, MARTAPURA - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Banjar kembali menggelar kegiatan peningkatan kapasitas para kader.

Kali ini tentang Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) bagi Pokja II dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) untuk Pokja IV PKK Banjar yang digelar di Hotel Aston Banua, Gambut, Kamis (18/4) siang.

Ketua TP PKK Banjar, Hj Nurgita Tiyas, mengatakan UP2K merupakan kegiatan ekonomi yang diusahakan oleh keluarga baik secara perseorangan maupun kelompok yang modalnya bersumber dari swadaya masyarakat, bantuan pemerintah, atau bantuan lainnya yang sah dan tidak mengikat.

"Selain untuk menumbuhkembangkan usaha ekonomi keluarga, UP2K PKK juga sebagai usaha menciptakan dan memperluas lapangan pekerjaan," papar Nurgita.

Kegiatan yang diikuti 200 kader PKK dari Pokja II dan Pokja IV ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman kader tentang pengelolaan dan pengembangan usaha ekonomi keluarga serta pengurus UP2K di desa.

"Saya harap usai mengikuti pelatihan ini para kader PKK dari tingkat kecamatan hingga desa dapat lebih mengoptimalkan pengelolaan UP2K, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga," pesan istri Bupati Banjar ini.

Adapun Pokja IV PKK Banjar untuk meningkatkan pengetahuan para kader tentang sanitasi lingkungan dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kabupaten Banjar.

Sehari sebelumnya, TP PKK Banjar juga menggelar kegiatan serupa di Hotel Tree Park, Kecamatan Kertak Hanyar, Rabu (17/4), guna peningkatan kapasitas kader Pokja I tentang Pembinaan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), serta Pokja III tentang Penganekaragaman Konsumsi Pangan Keluarga melalui menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

Editor


Komentar
Banner
Banner