Nasional

Tornado Terjang Amerika Serikat, 14 Orang Tewas

apahabar.com, ALABAMA – Tornado dahsyat menerjang Alabama dan Georgia di Amerika Serikat. Akibat bencana alam itu,…

Featured-Image
Situasi di Georgia saat tornado menerjang. Foto-TWITTER @KEITH_IRWIN /via REUTERS

bakabar.com, ALABAMA - Tornado dahsyat menerjang Alabama dan Georgia di Amerika Serikat. Akibat bencana alam itu, 14 orang tewas. Buntut tornado itu memicu dahsyat ini.

Seperti dilansir detiknews dari CNN, Senin (4/3/2019), Sheriff Jay Jones mengatakan bahwa seluruh korban tewas berasal dari Lee County, Alabama. Korban tewas itu terdiri dari anak-anak dan dewasa. Jones menyebut lebih lanjut bahwa kebanyakan korban tewas di sebuah lokasi berjarak 8-9 kilometer sebelah selatan Opelika.

“Kami mendapati area kerusakan yang cukup signifikan,” tutur Jones.

Dia memperkirakan area yang dilanda kerusakan akibat tornado nyaris mencapai lebar 0,5 kilometer yang membentang beberapa kilometer ke arah timur lokasi pertama tornado menyentuh daratan.

Menurut Badan Prakiraan Cuaca Nasional AS (NWS), ada belasan tornado yang menyentuh wilayah Alabama dan Georgia, Minggu (3/3) sore waktu setempat.

Baca Juga:Tiga Pantai Jadi Langganan Bencana, Kalimantan Selatan Waspada Cuaca Ekstrem

Secara terpisah, pakar meteorologi CNN Gene Norman menyebut ada dua tornado sekaligus yang menerjang wilayah Lee County dalam kurun waktu satu jam pada Minggu (3/3) malam waktu setempat. Hal ini memicu kerusakan parah terhadap rumah-rumah warga setempat. Lebih dari 5 ribu orang di Lee County tidak mendapatkan aliran listrik akibat tornado ini.

Gubernur Alabama, Kay Ivey, memperpanjang pemberlakuan status darurat yang telah dirilis bulan lalu akibat tornado dan cuaca buruk.

“Hati kami tertuju pada orang-orang yang kehilangan nyawa akibat badai yang menerjang Lee County,” sebut Ivey via Twitter.

“Mendoakan keluarga mereka dan siapapun yang rumah dan bisnisnya terkena dampak. Para pejabat dari @AlabamaEma dan badan-badan lainnya dengan cepat bekerja untuk memberikan bantuan,” imbuhnya.

Tayangan televisi WRBL, afiliasi CNN, menunjukkan banyak pohon tumbang akibat angin kencang yang dibawa tornado. Puing-puing dari rumah warga yang rata dengan tanah terlihat menumpuk di pinggir jalan.

Di Talbotton, Georgia dilaporkan sedikitnya 15 struktur hancur akibat tornado. Enam orang dilaporkan mengalami luka-luka, dengan yang paling parah mengalami patah tulang.

Baca Juga:8 Ciri akan Terjadi Tsunami

Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner