Sport

Tocantins Cetak Gol Lagi, Tapi Barito Putera Ditekuk Persija Jakarta

Unggul lebih dulu, Barito Putera dikalahkan Persija Jakarta dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Rabu (22/2) sore.

Featured-Image
Aksi Bayu Pradana menahan gerakan Witan Sulaeman dalam pertandingan Barito Putera versus Persija Jakarta, Rabu (22/2). Foto: Barito Putera Official

bakabar.com, JAKARTA - Unggul lebih dulu, Barito Putera dikalahkan Persija Jakarta dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Rabu (22/2) sore.

Tempo permainan tidak terlalu tinggi dengan Persija Jakarta berusaha selama-lamanya menguasai bola. Sedangkan Barito berusaha mengimbangi dengan menumpuk pemain di tengah.

Peluang pertama Persija dibukukan Witan Sulaeman di menit 12, ketika menerima umpan cut back Riko Simanjuntak. Hanya terjadi tendangan sudut dari situasi ini.

Kemudian di menit 17, giliran Aji Kusuma yang gagal memanfaatkan umpan tarik Riko Simanjuntak dari kanan lapangan.

Persija memperoleh tiga peluang beruntun di menit 29. Namun dua upaya Riko Simanjuntak dan sepakan Firza Andika di kotak penalti, tidak mengarah ke sasaran.

Justru Barito Putera yang mampu mencetak gol di menit 31 melalui Gustavo Tocantins. Gol ini diawali kesalahan passing di pertahanan Persija.

Akibatnya bola dapat direbut Mike Ott di depan kotak 16. Dalam posisi tiga melawan empat, lalu bola diumpan kepada Gustavo yang tak kesulitan menaklukkan Andrytani Ardhyasa.

Namun keungggulan Barito tak bertahan lama. Tepat di menit 35, Riko membawa Persija menyamakan kedudukan lewat sontekan di kotak penalti.

Gol tersebut semestinya tidak terjadi, seandainya kiper Yoewanto Satya Beny dan Renan Alves tidak miskomunikasi dalam mengantisipasi umpan lambung yang menuju ke gawang.

Bola berusaha dikejar Aji Kusuma, tetapi masih mampu diblok Satya Beny. Namun bola rebound langsung disambar Riko yang datang dari blind side.

Kembali kesalahan di pertahanan Persija membikin mereka terancam lagi di menit 42. Akan tetapi momentum ini gagal diselesaikan Mike Ott yang mencoba menyepak langsung ke gawang.

Menjelang turun minum, Barito memiliki peluang dalam situasi tendangan sudut. Setelah terjadi kemelut yang dihasilkan sundulan Renan Alves, upaya Bayu Pradana masih melambung dari sasaran.

Mengawali babak kedua, Persija mengkreasikan peluang pertama di menit 50 melalui sepakan Firza Andika, setelah meneruskan umpan tarik Aji Kusuma.

Firza kembali mendapat kans bagus di menit 54, seusai through pass Syahrian Abimanyu membelah pertahanan Barito. Akan tetapi Satya Beny dengan cekatan memblok bola dari kaki sang lawan.

Persija kurang beruntung di menit 60, lantaran sundulan Hanif Sjahbandi membentur tiang kiri gawang Barito. Peluang ini diawali tendangan sudut yang diambil Syahrian Abimanyu.

Selanjutnya Persija benar-benar mendominasi permainan dan membuat Barito tak mampu mencatatkan shot on target di babak kedua.

Namun beberapa detik menjelang bubaran di menit 90+9, Persija akhirnya mampyu mencetak gol. Dalam set piece tendangan bebas, Hansamu Yama mencetak gol ke gawang mantan klub dengan sundulan.

Kekalahan itu membuat Barito Putera tak beranjak dari peringkat 16 klasemen sementara dengan 22 poin. Sedangkan Persija bertahan sebagai runner up, tertinggal 3 poin dari PSM Makassar di urutan teratas.

Editor


Komentar
Banner
Banner