Kalsel

TMMD Ke-105, Kodim 1007/Bjm Siap Sulap Kampung Kuin Kecil

apahabar.com, BANJARMASIN – Perhelatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 jatuh ke tangan Kodim 1007/Banjarmasin. Beragam…

Featured-Image
Dandim 1007/Bjm Letkol Nopid Arif. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN – Perhelatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 jatuh ke tangan Kodim 1007/Banjarmasin.

Beragam upaya mendorong percepatan pembangunan mulai disiapkan, utamanya di kawasan Kuin kecil, Basirih, Banjarmasin Selatan.

Dandim 1007/Bjm, Letkol (Inf) Nopid Arif, memastikan TMMD pada 10 Juli hingga 8 Agustus nanti bakal diisi pembangunan fisik maupun non-fisik.

“Demikian diharapkan saat pelaksanaan bisa berjalan lancar sesuai target yang diinginkan” ungkap Dandim, kepada bakabar.com di Makodim, Rabu.

Pekerjaan TMMD tidak hanya melibatkan TNI saja. Enam SKPD di lingkup Pemkot Banjarmasin dan kelompok warga sekitar turut diajak.

“Kegiatan pra-TMMD telah memasuki hari ke-14 dengan progres 20-30 persen. Tetapi ini belum maksimal. Mudahan saat dibuka nanti 10 Juli, personel dan warga bisa bersinergi,” terangnya.

Untuk sasaran pekerjaan fisik TMMD ke-105 meliputi pembangunan badan jalan sepanjang 979 meter, 13 unit jembatan lengkap berserta tiga gorong gorong.

Langkah lainnya yaitu ikut membantu kawasan terisolir, memperbaiki alias rehab rumah sekaligus musala sekitaran Kuin Kecil.

Sementara sasaran non-fisik berupa penyuluhan pertanian, peternakan, perkebunan, kesehatan, HIV-AIDS dan Narkoba.

Tak hanya itu, personel juga akan bercocok tanam bersama warga sekitar, memberikan pengetahuan tentang perekonomian masyarakat.

“Diharapkan dari semua kegiatan itu, masyarakat bisa terpacu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian sekitar tempat tinggal mereka,” ujarnya.

Dipilihnya Kampung Kuin Kecil sebagai mengingat hampir seluruh warga di sana sangat membutuhkan perhatian dan sentuhan pembangunan dari pemerintah daerah.

“Dengan adanya tidak merata pembangunan ini, makanya kita pilih tempat tempat yang terisolasir,” terangnya.

Baca Juga: Rencana Renovasi 17 Mei Jalan di Tempat

Baca Juga: Gadis Muda di Balangan Tertangkap Nyabu Bersama 2 Pria

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner