tips naik motor

Tips Cara Aman Membonceng Anak saat Naik Motor

Orang tua perlu mengetahui cara yang aman saat membonceng anak kecil ketika sedang naik motor.

Featured-Image
Motor seringkali dipakai sebagai armada untuk beragam aktivitas keseharian, mulai dari berangkat bekerja hingga mengantar anak ke sekolah. (Foto: dok. AHM)

bakabar.com, JAKARTA – Kemacetan yang tak terhindarkan saat berkendara di jalan, membuat sebagian masyarakat memilih naik sepeda motor untuk mencapai tujuan.

Motor seringkali dipakai sebagai armada untuk beragam aktivitas keseharian, mulai dari berangkat bekerja hingga mengantar anak ke sekolah.

Namun, terkadang keselamatan dan keamanan dipandang sebelah mata, khususnya ketika sedang membonceng buah hati tercinta.

Contoh paling mudah adalah membonceng anak kecil di posisi depan saat mengantar sekolah atau sekedar berkeliling.

Baca Juga: Mitsubishi Hadirkan Promo Penjualan Menarik Sepanjang Oktober 2022

Hal ini tentunya tidak dianjurkan, karena menimbulkan potensi bahaya tersembunyi atas kondisi tersebut.

Untuk itu, orang tua perlu mengetahui cara yang aman saat membonceng anak kecil ketika sedang naik motor.

“Kalau melihat kebiasaan masyarakat Indonesia saat membonceng anak kecil di posisi depan itu tidak benar. Karena usia, tinggi badan dan posisi kaki anak sudah sampai atau belum (untuk menginjak pijakan) itu sangat penting,” buka Sonny Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), saat dihubungi bakabar.com beberapa waktu lalu.

Ia juga menekankan, bahwa anak kecil di bawah usia 10 tahun tidak boleh berada di posisi depan, karena membawa anak tidak seperti saat sedang membawa barang.

Baca Juga: MotoGP 2023 Akan Menerapkan Sprint Race, Seperti Apa Aturannya?

Alat Keamanan

Selain posisi duduk, pria berkacamata ini juga mengingatkan pentingnya alat-alat keamanan untuk menjaga keselamatan anak saat dibonceng motor.

“Kalau mau aman membawa anak kecil, pakai safety belt spesialis untuk motor. Anak kecil kalau naik motor biasanya sering mengantuk jadi selalu pakaikan jaket, helm dan sarung tangan,” terang pakar Road Safety ini.

Sonny juga menjelaskan, bahwa saat membonceng anak demi menjaga keselamatan, selalu berkendara dengan kecepatan di bawah rata-rata dan jarak yang ditempuh saat membonceng anak jangan terlalu jauh.

“Ini yang sering disalahgunakan dan diabaikan pengendara, jarak yang boleh ditempuh saat membonceng anak kecil harus di bawah 5 kilometer,” tegas Sonny.

Baca Juga: PT Honda Prospect Motor Membuka Lowongan Pekerjaan, Ada 10 Posisi Dibuka untuk Umum

Ia pun mengimbau, bila menaruh anak di posisi depan sangat berbahaya, karena bisa mendapatkan risiko paling fatal saat terjadi sesuatu, seperti pengereman mendadak.

Selain itu, fokus pengendara motor saat terjadi pengereman seharusnya pada stang dan kendaraannya, tetapi jika ada anak kecil di depannya tentu akan memecah konsentrasi. Jadi sayangi anak kita dengan mencari aman saat berkendara.

Editor


Komentar
Banner
Banner