Pemprov Kalsel

Tinjau Gampa Asahi dan Jembatan Alalak 1, Pj Gubernur Tanggapi Serius Akses Jalan

apahabar.com, BANJARBARU – Kemacetan di jalan nasional ruas Handil Bakti-Marabahan-Margasari mendapat tanggapan serius dari Pj Gubernur…

Featured-Image
Pj Gubernur Kalsel, Safrizal. Foto-Humas Pemprov Kalsel

bakabar.com, BANJARBARU – Kemacetan di jalan nasional ruas Handil Bakti-Marabahan-Margasari mendapat tanggapan serius dari Pj Gubernur Kalsel.

Menerima laporan dari Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani, Pj Gubernur Kalsel, Safrizal langsung melakukan peninjauan ke titik lokasi kemacetan di Desa Gampa Asahi, Kecamatan Rantau Badauh, Jumat (19/3).

Safrizal menyikapi informasi akibat getaran dari berseliwerannya angkutan berat dan berdampak terjadinya keretakan serta kerusakan terhadap sebagian rumah penduduk.

Sebelum itu, Safrizal dan jajaran terkait juga memantau keberadaan Jembatan Alalak 1 di Handil Bakti Kecamatan Alalak.

“Hal itu kami lakukan sehubungan adanya permintaan pihak DPRD Kalsel dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama SKPD terkait seperti Balai Pengelola Jalan Nasional (BPJN), Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), Dinas Perhubungan (Dishub) Kalsel, Dinas PU Kalsel, dan Asosiasi Angkutan Truk Logistik,” ucap Pj Gubernur.

Terkait Jalan Gampa Asahi, kata Safrizal, dinyatakan selama menunggu perbaikan yang dimulai Juni 2021 maka perawatan rutin dilakukan pihak BPJN, berupa pengurukan di titik-titik yang mengalami kerusakan.

Selanjutnya, pemeliharaan jalan yang sudah diuruk akan dikoordinasikan camat dengan pihak BPJN.

“Pemkab Batola meminta agar truk-truk yang melintas, dilakukan pembatasan tonase dan pengaturan jam melintas akan menunggu surat keputusan dari pihak provinsi yang ditindaklanjuti oleh Dishub Provinsi Kalsel bersama Polda Kalsel dan Balai Transportasi Darat,” tambah Safrizal.

Ia juga mengungkapkan kondisi Jalan Cemara Ujung, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin akan dilakukan pengerjaan perbaikan dalam waktu segera dan lelangnya sudah dilaksanakan.

Sementara menyangkut jalan negara ruas Handil Bakti-Marabahan-Margasari, tepatnya di Desa Gampa Asahi, dalam kontrol BPJN Kalimantan dan apabila ada kerusakan akan ditutupi sementara dengan agregat.

"Berdasarkan keterangan pihak BPJN jalan itu segera ditingkatkan dan saat ini lelang proyek sudah selesai berakhir Februari lalu. Kita minta adanya percepatan proses kontrak sehingga pengerjaan konstruksi permanen segera dilaksanakan," tutur anggota DPRD Provinsi Kalsel Dapil Batola, Hasanuddin Murad.

Selain itu, pihak DPRD juga mendesak percepatan pengerjaan Jembatan Mataraman, Kabupaten Banjar agar kepadatan lalu lintas di Jalan A Yani ke Hulu Sungai kembali norma sehingga kepadatan jalan Handil Bakti-Marabahan-Margasari yang perbaikannya selesai akhir April 2021 bisa berkurang.

"Kami mengharapkan dukungan semua pihak agar apa yang menjadi keputusan ini segera bisa terwujud," harap dia



Komentar
Banner
Banner