Kota Baru

Tingkatkan Perekonomian Desa Binaan, Indocement Gelar Pelatihan Manajemen Keuangan

apahabar.com, KOTABARU – PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) menggelar pelatihan manajemen keuangan dan pengurusan izin bagi…

Featured-Image
Pelatihan manajemen keuangan digelar Indocement untuk meningkatkan ekonomi warga desa binaan. Foto : Istimewa

bakabar.com, KOTABARU – PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) menggelar pelatihan manajemen keuangan dan pengurusan izin bagi pelaku UMKM di desa binaan, Kamis (25/3).

CSRSD Manager PT ITP, Gadang Wardono mengatakan kegiatan pelatihan dilaksanakan secara virtual, karena masih dalam suasana pandemi.

Menurut Gadang, pelatihan sendiri merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Indocement.

Selain itu, kata dia, kegiatan tersebut merupakan Sustainable Development Program atau program yang sifatnya berkelanjutan, seperti Koperasi dan UMKM. Di dalamnya, perlu peningkatkan kapasitas SDM, khususnya dalam hal keuangan pada UMKM di Desa Mitra PT ITP di unit Citeureup, Cirebon dan Tarjun.

Gadang menambahkan, Indocement menggelar pelatihan juga dalam rangka peningkatan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan bagi pelaku UMKM, program Monitoring dan Evaluasi serta manajemen laporan keuangan bagi UMKM.

Di samping itu, rekomendasi adanya pelatihan manajerial keuangan, ada juga rekomendasi untuk pelatihan khusus pembuatan NIB (Nomor Ijin Berusaha) Bagi UMKM yang didampingi Indocement oleh narasumber dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor.

Selanjutnya, sambungnya lagi, diharapkan ke depan pelaku UMKM dapat membuat Laporan Keuangan Sederhana dan memiliki izin usaha Sesuai Ketentuan yang Berlaku.

“Jadi, tujuan lainnya, dari pelatihan ini agar peserta memperoleh ilmu pengetahuan mengenai laporan keuangan sederhana serta mengetahui pentingnya mengurus perizinan usaha UMKM dan langkah- langkah pembuatan perizinan UMKM sesuai ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.

Pelatihan sendiri diikuti oleh 20 UMKM berlokasi di Desa Mitra Indocement.



Komentar
Banner
Banner