Kalsel

Tingkatkan Kualitas Keluarga, TP PKK Banjar Bakal Bentuk Tim Kader

apahabar.com, MARTAPURA – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudathul Wardiyah dan jajaran mengikuti…

Featured-Image
Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Banjar dan jajaran mengikuti Sosialisasi Peraturan Gubernur Tentang Peningkatan Kualitas Keluarga Via Zoom Meetings di Command Center Barokah, Martapura, Kamis, (18/6). Foto-Istimewa.

bakabar.com, MARTAPURA – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudathul Wardiyah dan jajaran mengikuti Sosialisasi Peraturan Gubernur Tentang Peningkatan Kualitas Keluarga Via Zoom Meetings di Command Center Barokah, Martapura, Kamis, (18/6).

Sosialisasi itu digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A), Provinsi Kalsel, yang juga diikuti Ketua TP PKK kabupaten/kota se-Kalsel.

Peraturan Gubernur ini merupakan pedoman peningkatan kualitas keluarga di daerah, misalnya pemberian akses informasi, pendidikan, penyuluhan dan pelayanan tentang perawatan serta pengasuhan dan perkembangan anak.

Hj Husnul Hatimah sebagai narasumber mengatakan, rencana penyelenggaraan peningkatan kualitas keluarga antara lain dengan pencegahan pernikahan usia anak, pemenuhan hak anak atas air susu ibu (ASI) eksklusif.

“Untuk menjamin kesehatan ibu dan anak baik pra, saat, dan setelah melahirkan, tidak cukup hanya menyediakan puskesmas atau polindes,” ujar Husnul.

Namun lanjutnya, harus juga didukung dengan lingkungan anak yang mendukung. Di sini peran orang tua sangat menentukan.

“Harus berinovasi mau bergerak untuk mendekatkan kepada ibu dan anak atau masyarakat serta menambah wawasan dan pengetahuan ibu,” jelasnya.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj Raudathul Wardiyah mengatakan, kegiatan yang akan dilakukan lebih dulu adalah pembentukan tim dan pemilihan kader.

“Mudah-mudahan dengan adanya pembinaan, dapat dibimbing menjadi keluarga berkualitas masyarakat kita bisa membentuk kesejahteraan keluarga,” ujarnya.

Ia menambahkan, sasaran peningkatan kualitas keluarga akan didata secara bertahap, dinilai dari aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan aspek lainnya yang menentukan tingkat kualitas keluarga yang mandiri dan sejahtera.

img

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Banjar dan jajaran mengikuti Sosialisasi Peraturan Gubernur Tentang Peningkatan Kualitas Keluarga Via Zoom Meetings di Command Center Barokah, Martapura, Kamis, (18/6). Foto-Istimewa.

Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner