Kalsel

Tim Evaluator Kemenpan RB dan LAN Cek Layanan Publik di Polres Tala

apahabar.com, PELAIHARI – Tim Evaluator dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan…

Featured-Image
Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Darmawan dampingi Tim Evaluator saat memgunjungi Layanan SIM dan SKCK di Polres Tala, Kamis (05/09). Foto- apahabar.com/Chandra

bakabar.com, PELAIHARI - Tim Evaluator dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB RI) dan Lembaga Administrasi Negara (LAN) melakukan pengecekan pelayanan publik terkait layanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Tanah Laut (Tala), Kamis (05/09).

Rustam Amrulah, Tim Evaluator dari Lembaga Administrari Negara (LAN) mengatakan, ada enam aspek yang akan di evaluasi pihaknya, yakni kebijakan pelayanan, profesionalisme sumber daya manusia, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan serta inovasi.

Ia menjelaskan Evaluasi pada Polres Tala fokus pada pelayanan SIM dan SKCK, evaluasi di lingkup kepolisisan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik, upaya itu adalah keramahan petugas, peningkatan fasilitas, hingga ketersediaan sarana dan prasarana bagi penyandang disabilitas, orang tua, ibu hamil dan anak-anak.

Rustam menambahkan untuk wilayah Tanah Laut, pihaknya telah melakukan evaluasi di tiga tempat, yakni Disdukcapil, PTSP dan RSUD, ke tiga UPD tersebut sudah menunjukan perbaikan untuk pelayanan publik.

Untuk pemerintah daerah pihaknya terus mendorong agar terus melakukan pembenahan-pembenahan terhadap pelayanan publik. "Untuk Kalsel ada 8 Polres yang kita evaluasi, salah satunya Polres Tanah Laut," tutur Rustam

Ia menambahkan Survei di lakukan secara nasional, serentak di 17 Provinsi, 71 kabupaten, 11 kotadan 241 Polres di seluruh indonesia.

Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Darmawan menyambut baik adanya Tim Evaluator. Ia mengatakan Kedatangan tim ini untuk menilai bagaimana pelayanan publik khusus nya SIM dan SKCK, "Selain itu juga sifatnya asistensi guna peningkatan pelayanan itu sendiri," katanya.

Kedatangan Tim Evaluator, pada dasarnya sebut Sentot, Polres Tala siap dan telah melakukan beberapa peningkatan pelayanan dan juga terobosan dan inovasi.

Baca Juga:Pemko Banjarmasin Bentuk Tim Tekan Penyalahgunaan Narkotika

Baca Juga: Pilpres 2019 Tak Bisa Lepas dari Politik Identitas dan Agama

Baca Juga: Kebakaran di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kontainer Ludes Diamuk Api

Baca Juga: Terungkap, Jasad di Gubuk Haur Kuning Banjarmasin Rupanya Kakek Junaidi

Reporter: Ahc14
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner