News

Tiga Kapal Negara Awasi Angkutan Laut Lebaran 2024 di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

KSOP Kelas I Banjarmasin mengerahkan tiga kapal negara dari Kementerian Perhubungan untuk mengawasi angkutan laut pada mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Trisakti.

Featured-Image
Kapal Negara pantau angkutan laut lebaran di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Foto-Antara

bakabar.com, BANJARMASIN - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin mengerahkan tiga kapal negara dari Kementerian Perhubungan untuk mengawasi angkutan laut pada mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. 

“Kapal negara berpatroli memberikan keamanan dan menjamin keselamatan penumpang kapal di wilayah perairan Kalimantan Selatan,” kata Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin Agustinus Maun.

Ia menyebutkan tiga kapal negara yang akan digunakan patroli itu, yakni KNP 363, KNP 382, dan KNP 5222.

“Tiga kapal negara ini akan mengawasi lima unit kapal roro yang mengangkut penumpang baik sebelum maupun sesudah Lebaran 2024,” ujarnya pula.

Agustinus memastikan kapal negara tersebut akan memberikan pengawasan secara ketat mulai dari perairan Barito Kuala dari arah utara, hingga ke arah selatan di perairan Tanah Laut.

Melansir Antara, pengawasan utama yang diterapkan, yakni memastikan kapal yang mengangkut calon penumpang telah memenuhi seluruh persyaratan baik dokumen maupun kondisi fisik kapal sesuai ketentuan keselamatan yang berlaku KSOP Banjarmasin telah membuka Pos Koordinasi Angkutan Laut Lebaran 2024 yang berlangsung selama 32 hari mulai pada 26 Maret hingga 26 April 2024.

Pos koordinasi tersebut terdiri dari 180 personel yang meliputi instansi Kantor KSOP Kelas I Banjarmasin, Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel, Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin, Kantor Kesehatan Pelabuhan Banjarmasin.

Kemudian, Polisi Air Polda Kalimantan Selatan, Polisi Sektor Pelabuhan Laut Banjarmasin, Pangkalan TNI Angkatan Laut Banjarmasin, Kantor SAR Banjarmasin, Pelindo Sub Regional Kalimantan, PT Dharma Lautan Utama Banjarmasin, PT Berlian Lautan Sejahtera Banjarmasin, dan PT Timur Mila Utama Banjarmasin.

Editor
Komentar
Banner
Banner