Kalsel

Tiba di Arafah, Jemaah Haji HST akan Mulai Wukuf

apahabar.com, BARABAI – Seluruh calon jemaah haji (CJH) sudah berkumpul di Arafah termasuk Kabupaten Hulu Sungai…

Featured-Image
Sebelum melaksanakan wukuf, jemaah haji berada di tenda Padang Arafah mendengarkan khutbah dari H Burhan Noor Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) kloter 19. Foto-Muayyad for apahabar.com

bakabar.com, BARABAI – Seluruh calon jemaah haji (CJH) sudah berkumpul di Arafah termasuk Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang tergabung di kloter 4, 9 dan 19 embarkasi Banjarmasin. Mereka akan melaksanakan wukuf di Arafah.

“Sekarang tepat pukul 12.00 waktu Mekah, setelah memasuki waktu zuhur mulai dilaksanakan wukuf sampai waktu magrib,” kata Kasubbag Peliputan dan Publikasi Humas Setda HST, Muayyad yang sedang berada di Arafah menunaikan Ibadah Haji, Sabtu (10/8).

Jutaan umat Islam yang datang dari berbagai pelosok dunia untuk melaksanakan wukuf sebagai puncak ibadah haji. Hal itu termasuk bagi mereka yang sedang sakit, wajib berada di Padang Arafah.

Jamaah kloter 19 Banjarmasin yang menempati maktab 50 pun juga melaksanakan wukuf. Dimulai dengan mendengarkan khutbah yang disampaikan oleh H Burhan Noor Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) kloter 19.

Pesan yang disampaikan Burhan, kata Muayyad, wukuf termasuk rukun haji dan waktu sekarang bagi mereka yang berdoa akan dikabulkan Allah SWT.

“Orang yang datang ke sini memenuhi panggilan Allah SWT melalui Nabi Ibrahim As. Oleh karena itu waktu janganlah disia-siakan. Gunakan untuk bertaubat dan berzikir guna mendekatkan diri kepada Allah,” kata Burhan yang disampaikan Muayyad padabakabar.com.

Burhan, kata Muayyad mengutip hadis untuk mengingatkan agar menuluskan niat semata-mata karena Allah.

"Karena ada suatu masa orang yang berhaji terbagi kepada empat golongan, bagi orang kaya haji dijadikan rekreasi, bagi kelas menengah haji dijadikan bisnis dan berdagang bagi orang berilmu hanya untuk ria dan popularitas. Sedangkan bagi orang miskin hanya untuk meminta minta," tandasnya.

img

Baca Juga: Empat Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin Sakit, Berikut Daftarnya

Baca Juga: Habar Haji 2019; Ketua IDI Kalsel Laporkan 'Kondisi' Terkini di Tanah Haram

Baca Juga:Naik Haji, Bayar Lebih Mahal atau Tunggu Antrian Puluhan Tahun?

Baca Juga: Calon Haji Banjar Meninggal Sebelum Berangkat, Kemenag: Duit Aman

Reporter: HN LazuardiEditor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner