Kalsel

Terungkap! Kafilah MTQ Asal Tapin Sudah Covid-19 Sebelum Berangkat

apahabar.com, RANTAU – Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Kabupaten Tapin mengungkap kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke…

Featured-Image
Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Kabupaten Tapin Fiqry Irmawan saat diwawancarai. Foto-apahabar.com/Sandy

bakabar.com, RANTAU – Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Kabupaten Tapin mengungkap kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 33 yang dinyatakan positif Covid-19 sebelum berangkat menuju Kabupaten Tanah Bumbu.

“Saat dilakukan tes swab PCR, 2 hari sebelum pelepasan kafilah 1 orang pendamping, 11 peserta dinyatakan positif Covid-19,” ujar Fiqry Irmawan selaku Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Kabupaten Tapin.

Ia mengatakan para peserta yang saat ini masih diisolasi di Tanah Bumbu sebenarnya sudah mengetahui bahwa hasil swab PCR tersebut sudah menyatakan positif Covid-19.

“Mereka pergi dengan inisiatif sendiri, ada yang pakai motor dan mobil setelah kafilah dari Tapin berangkat Kamis (1/4). Hasil PCR mereka sebelumnya sudah kami laporkan ke panitia penyelenggara,” jelasnya.

Namun demikian Fiqry mengatakan para peserta asal Tapin yang positif itu tidak sempat berbaur di lokasi acara, karena sudah diamankan sebelum memasuki area.

“Makanya di pos pemeriksaan mereka langsung diamankan, tidak sempat berbaur ke area acara,” ujarnya.

Dijelaskan, sebelumnya 12 orang dari kafilah Tapin sudah dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri.

“Untuk satu orang pembina melakukan isolasi namun 11 peserta kita memaksakan diri untuk berangkat, setelah keadaan mereka sudah membaik maka akan dijemput,” ujarnya.

Terpisah, Direktur RSUD Datu Sanggul, Dokter Milhan membenarkan hal itu, bahwa 1 orang pembina dan 11 peserta sudah dinyatakan positif Covid-19 di Tapin.

“Ya benar, dari lab hasil disampaikan ke Pak Haitami (Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat), Pak Fikri Ramadhan, dan Dinas Kesehatan Tapin,” ujarnya singkat.



Komentar
Banner
Banner