Olahraga

Tertinggal Lebih Dulu, Barito Putera Imbangi Persib di GBLA

Tertinggal lebih dulu, Barito Putera ditahan imbang Persib Bandung dalam pertandingan lanjutan Liga 1 musim 2023/2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA

Featured-Image
Aksi Gustavo Tocantins dalam pertandingan Barito Putera melawan Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (13/8). Foto: Barito Putera Official

bakabar.com, BANDUNG - Tertinggal lebih dulu, Barito Putera ditahan imbang Persib Bandung dalam pertandingan lanjutan Liga 1 musim 2023/2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (13/8) sore.

Barito Putera sedikit merombak susunan starter. Buyung Ismu Lessy dimainkan sebagai bek menggantikan Bagas Kaffa.

Adapun posisi bek tengah yang ditinggalkan Carli de Murga, diserahkan kepada Muhammad Firli. Kemudian Frendy Saputra disimpan dan digantikan Hasyim Kipuw.

Namun di lapangan, Barito Putera seperti bermain dengan formasi tiga bek. Penyebabnya Buyung Ismu kerap keluar dari garis pertahanan.

Sementara Persib Bandung tetap mengandalkan Marc Klok sebagai otak permainan. Diketahui gelandang ini dapat dimainkan, setelah banding diterima Komisi Disiplin PSSI.

Persib Bandung tampil lebih menekan sejak menit pertama. Peluang bagus diperoleh di menit 5, ketika sundulan Nick Kuipers menyentuh mistar gawang Barito.

Barito baru bisa keluar dari tekanan di menit 11 dan langsung memperoleh peluang. Bagus Kahfi beraksi sendirian di kotak penalti lawan, lalu melepas sepakan dari sudut sempit.

Namun keberuntungan belum berpihak. Meski kiper Fitrul Dwi Rustapa gagal mengantisipasi, bola sepakan Bagus membentur mistar.

Kemudian di menit 18, Persib melakukan serangan balik menjanjikan. David Silva yang menerima umpan terobosan Beckham Putra, lolos dari kawalan Hasim dan Renan Alves.

Selanjutnya dalam posisi menghadap gawang, tendangan David Silva malah melenceng.

Sempat terjadi gesekan antarpemain di menit 30, ketika Renan Alves terlibat cekcok dengan Nick Kuipers. Mereka saling menempelkan jidat, setelah Renan  tanpa sengaja menabrak Kuipers.

Situasi semakin memanas karena dalam waktu bersamaan di pinggir lapangan, pelatih Rahmad Darmawan emosi dan mendekati bench Persib Bandung.

Penyebabnya pelatih kiper Persib, Luizinho Passos, tampak melakukan provokasi dengan melancarkan protes dan menunjuk-nunjuk ke arah bench Barito Putera. Akibat kejadian ini, mereka dihadiahi kartu kuning.

Memasuki menit 35, Persib kembali membuang peluang. Sepakan Ezra Walian yang menerima umpan Beckham Putra di kotak penalti, digagalkan kiper Ega Rizky Pratama.

Barito membalas melalui sepakan menyilang Mike Ott di menit 37. Meski dengan susah payah, Fitrul Dwi Rustapa dapat memblok si kulit bundar.

Baca Juga: Barito Putera Sedang On Fire, Tekuk Persib di GBLA Bukan Mission Impossible

Baca Juga: Cari Pelampiasan, Persib Sesumbar Tekuk Barito Putera di GBLA

Akhirnya di menit 41, Persib Bandung berhasil unggul berkat gol Levy Clement Madinda. Gol ini diawali blunder Ega Rizky yang keluar dari sarang untuk menjauhkan bola dari jangkauan David Silva.

Ternyata bola sapuan Ega jatuh di kaki Madinda. Sempat dikontrol sebentar, gelandang berpaspor Gabon ini mengarahkan bola ke gawang dari jarak sekitar 30 meter.

Selepas turun minum, Persib menggebrak dengan peluang dari Madinda di menit 49. Namun penyelesaian akhir Madinda masih lemah, ketika meneruskan umpan tarik Edo Febriansyah.

Selanjutnya Persib terus menekan pertahanan Barito dari berbagai lini. Akan tetapi, mereka yang kebobolan di menit 61 akibat serangan balik Laskar Antasari.

Dari tengah lapangan, Mike Ott sendirian membawa bola dalam posisi tiga melawan empat. Selanjutnya Ott berusaha menendang ke gawang, tetapi terbentur kaki Rahmat Irianto.

Namun bola pantul mengarah kepada Murilo Mendes di kanan dalam kotak penalti. Lantas dari sudut sempit, pria Brasol ini melepas sepakan akurat yang gagal dijangkau Fitrul Dwi Rustapa.

Skor kembali imbang, tensi pertandingan pun meningkat. Persib lebih banyak menguasai bola, sedangkan Barito berusaha bermain efektif melalui beberapa kali fast break.

Persib juga berupaya melalui sepakan dari luar kotak penalti. Salah satunya melalui Edo Febriansyah di menit 80. Akan tetapi bola masih menyentuh ujung jari Ega Rizky.

Barito kemudian melakukan pergantian ganda di menit 82. Mike Ott dan Makan Konate ditarik keluar untuk digantikan Rizky Rizaldi Pora dan Eksel Runtukahu.

Persib kembali tidak dinaungi keberuntungan, ketika sepakan jarah jauh Daisuke Caumanday Sato menghantam tiang gawang di menit 85.

Setelah peluang itu, Barito Putera mulai memperkuat pertahanan. Murilo Mendes yang mengalami cedera, digantikan bek tengah Nazar Nurzaidin.

Hingga pertandingan berakhir, skor 1-1 tidak berubah. Namun demikian, Barito Putera berhasil kembali ke puncak klasemen sementara dengan 14 poin.

Sedangkan Persib tetap terpuruk di peringkat 16 dengan 8 poin hasil dari sekali menang, 5 imbang dan 2 kekalahan.

Editor


Komentar
Banner
Banner